Model kepemimpinan dalam pembaharuan pendidikan pesantren di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda

Nur Diniah, Hayyun (2024) Model kepemimpinan dalam pembaharuan pendidikan pesantren di SMP Muhammadiyah 5 Samarinda. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2207046017_JUDUL__240319074533.pdf

Download (949kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2207046017_BAB_I__240319074533.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2207046017_BAB_II__240319074533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2207046017_BAB_III__240319074533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2207046017_BAB_IV__240319074534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2207046017_BAB_V__240319074534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2207046017_DAFTAR_PUSTAKA__240319074534.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T2_2207046017_LAMPIRAN__240319074534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Era disrupsi memiliki dampak yang besar di seluruh sektor kehidupan
manusia, khususnya di sektor pendidikan, menjadikan seluruh pemimpin yang
bernaung dalam instansi pendidikan harus memiliki model yang dapat
menggerakkan instansinya agar tidak terkena dampak negatif. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan model kepemimpinan di SMP Muhammadiyah 5
Samarinda.
Jenis Penelitian ini menerapkan metode pendekatan kualitatif deskriptif
dengan mengumpulkan informasi dari 5 narasumber. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka dan observasi. Proses analisis
data dilakukan dengan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa Kepemimpinan yang bersifat
pembaharuan sangatlah efektif dalam menghadapi era disrupsi atau masa
digitalisasi ini. Model kepemimpinan dalam pembaharuan di pondok pesantren
yang fokus dalam menyikapi kendala-kendala yang dihadapi pimpinan dalam
menanamkan nilai-nilai islam dan budaya Muhammadiyah akan berpengaruh pada
peningkatan kualitas dan prestasi peserta didik serta pengajar di pesantren, dan ini
menjadi tema yang diangkat sebagai fokus utama. Dalam pembahasan fokus utama
tersebut, penulis menghasilkan 4 tema, yaitu pendidikan karakter, bantuan belajar,
inovasi, dan kepemimpinan.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Era disrupsi, inovatif, kepemimpinan, pembaharuan, pendidikan karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 13 May 2024 03:26
Last Modified: 13 May 2024 03:26
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63302

Actions (login required)

View Item View Item