Utari, Varisa Tri (2024) Hubungan TPACK terhadap keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi di kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005015_JUDUL__240217021901.pdf Download (695kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005015_BAB_I__240217022006.pdf Download (116kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005015_BAB_II__240217021901.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005015_BAB_III__240217021901.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005015_BAB_IV__240217021901.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005015_BAB_V__240217021901.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005015_DAFTAR_PUSTAKA__240217021901.pdf Download (183kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005015_LAMPIRAN__240217021901.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan yang ditemukan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah disebabkan pemahaman dan kemampuan guru yang masih rendah. Kemampuan guru dalam mengintegrasikan kompetensi pada bidang pedagogik, konten dan teknologi menjadi penentu dari keberhasilan pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) dan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi serta mecari hubungan dari kedua variabel tersebut di Kota Yogyakarta.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dengan teknik non-tes. Pengambilan sampel yang menggunakan stratified random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan product moment dan uji reliabilitas menggunakan aplha cronbach. Pengumpulan data melibatkan 9 sekolah dasar yang mengimplementasikan kurikulum Merdeka dengan 92 guru. Teknik analisis data terhadap 84 guru dari hasil reduksi data, dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis menggunakan spearman rank.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata TPACK guru dan keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi didominasi oleh kategori sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara variabel TPACK terhadap keterampilan guru dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi dengan dengan kategori kuat dan sangat kuat dengan nilai korelasi PCK 0,908; TK 0,907; TPK 0,902; PK 0,882; CK 0,797. Penelitian ini memberikan kontrbusi bagi sekolah dan guru agar dapat bekerjasama secara aktif dalam peningkatan TPACK. Sekolah diharapkan memiliki program yang berfokus pada pengembangan TPACK guru. Selain itu, guru diharapkan dapat belajar mandiri untuk meningkatkan kemampuannya melalui seluruh kegiatan pengembangan diri seperti pelatihan mandiri, partisipasi seminar maupun kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan TPACK, serta perlunya dilakukan upaya untuk pengembangan pembelajaran berdiferensiasi baik dari guru maupun sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | TPACK, Teacher skills, Differentiated learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 14 May 2024 06:41 |
Last Modified: | 14 May 2024 06:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63349 |
Actions (login required)
View Item |