Istiqomah, Nurul (2024) Penerapan metode Science Technology and Society (STS) untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI SD Muhammadiyah Warungboto Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005365_JUDUL__240224123048.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005365_BAB_I__240224091426.pdf Download (357kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005365_BAB_II__240224091426.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005365_BAB_III__240224091426.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005365_BAB_IV__240224091426.pdf Restricted to Registered users only Download (829kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005365_BAB_V__240224091426.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005365_DAFTAR_PUSTAKA__240224091426.pdf Download (322kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005365_LAMPIRAN__240224091426.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005365_NASKAH_PUBLIKASI__240224091426.pdf Download (332kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa kelas IV pada
mata pelajaran IPA khususnya pada materi topik A bagian tubuh tumbuhan
beserta fungsi sehingga diperlukan sebuah metode pembelajaran yang tepat bagi
siswa untuk meningkatkan kreativitasnya dalam pembelajaran IPA, dalam
penelitian ini dilakukan melalui metode Science Technology and Society pada
kelas IV di SD Muhammadiyah Warungboto tahun ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan releksi dengan subjek
penelitian pada kelas IV SD Muhammadiyah Warungoto dengan jumlah 30 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan observasi
dan lembar pengamatan berdasarkan sintaks dengan menggunakan teknik analisis
data berdasarkan kuantitatif dan kualitatif pada data tersebut.
Hasil menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Science
Technology and Society dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata
pembelaran IPA di kelas IV SD. Berdasarkan data yang diketahui memperoleh
peningkatan dalam pembelajaran kreativitas anak pada setiap siklusnya yang
memperoleh ketuntasan kreativitas pada belajar siswa menunjukkan kategori
“sangat kreatif” dengan akhir maksimal 85%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kreativitas, IPA, Science Technology and Society |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 22 May 2024 07:45 |
Last Modified: | 22 May 2024 07:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63371 |
Actions (login required)
View Item |