Subakti, Doni Kurniawan (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005259_JUDUL__240224121439.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005259_BAB_I__240224121439.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005259_BAB_II__240224121439.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005259_BAB_III__240224121439.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005259_BAB_IV__240224121439.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005259_BAB_V__240224121439.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005259_DAFTAR_PUSTAKA__240224121439.pdf Download (232kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005259_LAMPIRAN__240224121439.pdf Restricted to Registered users only Download (924kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005259_NASKAH_PUBLIKASI__240224121439.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kreatif perserta didik di SD Muhammadiyah Pendowoharjo dengan pendekatan PjBL yang terdiri dari 15 sisiwa sebagai sempel. Proses pendidikan, pendekatan PjBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif atau tidak dengan materi pada kelas, sehingga pada proses pembelajran kelas eksperimen diberikan tindakan berupa pembelajaran yang menggunakan pendekatan PjBL yang memberikan kesempatan kepasa siswa untuk terlibat akitif untuk menyelesaikan proyek pembelajaran yang dibeikan oleh guru.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode kuantitatif dengan menggunakan soal Pretest dan Posttest. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan pengaruh pendekatan pembelajaran PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. dapat dibuktikan dengan nilai sign Uji-t pretest pada kelas eksperimen sign Uji-t posttest 0.298 pada kelas eksperimen.
Hasil Penelitian dapat dilihat Berdasarkan data yang diperoleh, keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang cukup signifikan dari sebelum diberi tindakan berupa pembelajaran PJBL. sampai setelah diberi tindakan. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 60%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menjawab soal meningkat dan menjadi lebih baik dibandingkan sebelum diberi tindakan dengan pendekatan pembelajaran PjBL.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus4 userperpus4 |
Date Deposited: | 21 May 2024 06:16 |
Last Modified: | 21 May 2024 06:16 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63373 |
Actions (login required)
View Item |