Pengaruh Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Di SD Muhammadiyah Pendowoharjo

Subakti, Doni Kurniawan (2024) Pengaruh Penerapan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III Di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005259_JUDUL__240224121439.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005259_BAB_I__240224121439.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005259_BAB_II__240224121439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005259_BAB_III__240224121439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005259_BAB_IV__240224121439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005259_BAB_V__240224121439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005259_DAFTAR_PUSTAKA__240224121439.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005259_LAMPIRAN__240224121439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (924kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005259_NASKAH_PUBLIKASI__240224121439.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan berpikir kreatif perserta didik di SD Muhammadiyah Pendowoharjo dengan pendekatan PjBL yang terdiri dari 15 sisiwa sebagai sempel. Proses pendidikan, pendekatan PjBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif atau tidak dengan materi pada kelas, sehingga pada proses pembelajran kelas eksperimen diberikan tindakan berupa pembelajaran yang menggunakan pendekatan PjBL yang memberikan kesempatan kepasa siswa untuk terlibat akitif untuk menyelesaikan proyek pembelajaran yang dibeikan oleh guru.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metode kuantitatif dengan menggunakan soal Pretest dan Posttest. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan pengaruh pendekatan pembelajaran PjBL terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas III di SD Muhammadiyah Pendowoharjo. dapat dibuktikan dengan nilai sign Uji-t pretest pada kelas eksperimen sign Uji-t posttest 0.298 pada kelas eksperimen.
Hasil Penelitian dapat dilihat Berdasarkan data yang diperoleh, keterampilan berpikir kreatif siswa mengalami peningkatan rata-rata kemampuan berpikir kreatif yang cukup signifikan dari sebelum diberi tindakan berupa pembelajaran PJBL. sampai setelah diberi tindakan. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen. Peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 60%. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan siswa dalam menjawab soal meningkat dan menjadi lebih baik dibandingkan sebelum diberi tindakan dengan pendekatan pembelajaran PjBL.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus4 userperpus4
Date Deposited: 21 May 2024 06:16
Last Modified: 21 May 2024 06:16
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63373

Actions (login required)

View Item View Item