Sistem informasi pesan antar Kantin UAD (studi kasus : Kantin UAD Kampus 4)

Sanim, Nyakra (2024) Sistem informasi pesan antar Kantin UAD (studi kasus : Kantin UAD Kampus 4). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800018097_JUDUL__240513013648.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800018097_BAB_I__240506111921.pdf

Download (542kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800018097_BAB_II__240506111921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800018097_BAB_III__240506111921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800018097_BAB_IV__240506111921.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800018097_BAB_V__240506111922.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800018097_DAFTAR_PUSTAKA__240506111922.pdf

Download (546kB)

Abstract

Kantin UAD kampus 4 masih menggunakan proses pemesanan dan pencatatan penjualan secara manual, dimana pembeli harus datang untuk memesan dan membayar langsung di lokasi kantin, sedangkan lokasi calon pembeli bisa jadi berada jauh dari gedung kantin. Produk yang dijual oleh kantin UAD kampus 4 terdiri dari masakan atau minuman yang diolah serta makanan ringan dalam kemasan yang pada umumnya telah memiliki kode barang (barcode). Karena masakan atau minuman yang diolah tidak memiliki kode barang, sehingga dalam catatan pemesanannya harus menggunakan nota tulis. Hal ini menyebabkan adanya pekerjaan ganda oleh petugas kasir karena harus merekap data penjualan dari produk yang tidak punya barcode dan yang punya barcode. AKibatnya, terjadi antrian panjang di petugas kasir, karena adanya mekanisme pemesanan jenis produk tersebut sehingga pengelola kantin jadi lebih mungkin melakukan kesalahan dalam proses pendataan dan dalam menghitung pemasukan kantin UAD kampus 4.
Pengembangan sistem informasi pesan antar ini menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang mempunyai 3 tahapan utama yaitu requirement planning, design, dan implementation. Proses pengujian sistem ini menggunakan Blackbox Testing dan User Acceptance Test.
Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sistem yang dapat memfasilitasi calon pembeli melakukan pemesanan online yang lokasinya jauh dari gedung kantin sehingga dapat mengurangi lamanya waktu antrian. Sistem kantin UAD kampus 4 yang dibangun ini memiliki fitur pengolahan transaksi penjualan, serta laporan transaksi penjualan masing-masing stand untuk mempermudah pencatatan keuangan usaha kantin UAD kampus 4 yang dapat dimanfaatkan oleh penjual di kantin. Selain itu, sistem ini juga memiliki fitur pesan antar yang dapat digunakan pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: black box, kantin, rapid application development, sistem informasi dan system usabillity scale
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 14 May 2024 09:21
Last Modified: 14 May 2024 09:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63378

Actions (login required)

View Item View Item