Aprilia, Tri (2024) Penguatan nilai karakter melalui program market day di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900005136_JUDUL__240223124011.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900005136_BAB_I__240223124011.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900005136_BAB_II__240223124011.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900005136_BAB_III__240223124011.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900005136_BAB_IV__240223124012.pdf Restricted to Registered users only Download (879kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900005136_BAB_V__240223124012.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005136_DAFTAR_PUSTAKA__240223124012.pdf Download (415kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900005136_LAMPIRAN__240223124012.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005136_NASKAH_PUBLIKASI__240223124012.pdf Download (565kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kemerosotan moral yang terjadi pada anak-anak dan remaja. Sehingga perlu adanya penguatan nilai karakter melalui pembelajaran dan program-program di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai karakter melalui program market day, menemukan nilai karakter, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penguatan nilai karakter melalui program market day di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan tahap triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan nilai karakter melalui program market day di SDIT Alam Nurul Islam Yogyakarta terbagi menjadi tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada setiap tahap terdapat keterlibatan guru dan orang tua dan masing-masing terdapat nilai karakter yang dikuatkan. Tahapan yang paling dominan dalam penguatan nilai karakter yaitu pada tahap pelaksanaan. Karakter yang dikuatkan melalui program market day diantaranya yaitu mandiri, jujur, gotong royong, kerja sama, percaya diri, berani, religius dan cinta lingkungan. Terdapat faktor pendukung seperti ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai, motivasi guru dan orang tua, keikutsertaan peserta didik (antusias anak), serta dukungan atau keterlibatan orang tua dalam mendukung persiapan peserta didik dan menjadi pengunjung pada saat pelaksanaan. Faktor penghambat, manajemen waktu yang terkadang masih ada beberapa orang tua yang terlambat mengantarkan ke sekolah, penyesuaian dengan tema yang ditentukan dari sekolah karena harus zero waste dan tidak boleh memakai pewarna msg dan lain-lain, bertabrakan dengan jadwal kegiatan lain sehingga kegiatan market day diundur ke minggu selanjutnya, kondisi alam (hujan), serta ada beberapa peserta didik yang masih kesulitan dalam menghitung kembalian. Keterbaruan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana penguatan nilai karakter melalui program market day, mengetahui nilai karakter yang dikuatkan melalui program market day, dan mengetahui faktor pendukung serta penghambat penguatan nilai karakter melalui program market day.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Nilai karakter, market day, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 May 2024 02:31 |
Last Modified: | 16 May 2024 02:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63400 |
Actions (login required)
View Item |