FATUROKHMANTO, MOKO (2024) Pengembangan modul ajar pembelajaran teks puisi pada siswa kelas VIII. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700003101_JUDUL__240307101103.pdf Download (470kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700003101_BAB_I__240307101103.pdf Download (55kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700003101_BAB_II__240307101103.pdf Restricted to Registered users only Download (188kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700003101_BAB_III__240307101103.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700003101_BAB_IV__240307101103.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700003101_BAB_V__240307101103.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700003101_DAFTAR_PUSTAKA__240307101103.pdf Download (98kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700003101_LAMPIRAN__240307101103.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1700003101_NASKAH_PUBLIKASI__240307101103.pdf Download (387kB) |
Abstract
Kurangnya motivasi belajar peserta didik merupakan faktor yang menimbulkan masalah peserta didik dalam belajar. Motivasi belajar masih sangat kurang sehingga peserta didik mengalami kemalasan dalam belajar. Dengan diberikan motivasi belajar pada proses pembelajaran maka peserta didik akan merasa lebih semangat dan lebih aktif dalam belajar. Penelitin bertujuan untuk mengetahui bentuk pengembangan bahan ajar teks puisi siswa kelas VIII dan Mendeskripsikan kelayakan bahan ajar teks puisi siswa kelas kelas VIII yang akan dikembangakan.
Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Watumalang, dengan Subjek uji coba pada penelitian ini yakni ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli pengajaran serta beberapa peserta didik yang ada di kelas. Metode penelitian menggunakan model penelitian R&D. Hasil dari penelitian Pengembangan produk yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan, dengan tujuan mendeskripsikan proses pengembangan.
Diketahui kelayakan modul menulis puisi kelas VIII berdasarka hasil validasi dari beberapa ahli, menghasilkan kriteria “Sangat Layak” ketika digunakan pada pembelajaran. Dapat diketahui nilai rata-rata dari ahli media mengdapatkan skor 72, ahli materi mendapatkan skor 92, dan ahli pengajaran mendapatkan skor 100. Hasil yang diperoleh dari tahapan implementasi menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh 74,78
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | ADDIE, bahan ajar, penelitian dan pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2024 02:53 |
Last Modified: | 15 May 2024 02:53 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63407 |
Actions (login required)
View Item |