Analisis kinerja travel agent sebelum dan sesudah adanya online travel agent di Kota Yogyakarta

Arief, Andika Rivaldi (2024) Analisis kinerja travel agent sebelum dan sesudah adanya online travel agent di Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1300012256_JUDUL__240512060347.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1300012256_BAB_I__210129060728.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1300012256_BAB_II__210129060728.pdf
Restricted to Registered users only

Download (761kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1300012256_BAB_III__210129060728.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1300012256_BAB_IV__210129060728.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1300012256_BAB_V__210129060729.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1300012256_DAFTAR_PUSTAKA__210129060729.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1300012256_LAMPIRAN__240512055912.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan online travel agent (OTA) dalam tujuh tahun terakhir ini cukup berdampak pada penjualan travel agent yakni terjadi penurunan hingga 40%. Keadaan tersebut didukung dengan agent-agent airlines maupun kereta api yang sudah bisa menjual tiketnya secara langsung (directly) sehingga menyebabkan pergeseran lapangan pekerjaan terutama untuk travel agent yang hanya khusus menjual tiket. Secara definisi online travel agent merupakan poin penyedia kontak melalui World Wide Web (WWW) untuk memungkinkan pelanggan mencari dan memilih harga penerbangan serta jadwal yang tepat, yang kemudian dipesan dan diberikan oleh OTA. Karena kemunculan OTA tersebut, maka terjadi pergeseran peran travel agent dimana OTA telah mereduksi peran-peran mereka sebagai travel agent tradisional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah travel agent di Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah lpaoran laba rugi travel agent dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa penilaian travel agent terhadap karakteristik online travel agent disimpulkan baik dilihat dari karakteristik produk dan dinilai sudah layak sebagai e-commerce di Indonesia. Kemudian karena kemunculan online travel agent inilah telah merubah peran travel agent secara signifikan sehingga travel agent mengalami penurunan pendapatan. Travel agent dalam hal ini perlu inovasi dengan adanya kemunculan online travel agent salah satunya adalah kemunculan konsep ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Online travel agent, e-commerce, travel agent
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisi / Prodi: Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 15 May 2024 06:51
Last Modified: 15 May 2024 06:51
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63408

Actions (login required)

View Item View Item