Arief, Andika Rivaldi (2024) Analisis kinerja travel agent sebelum dan sesudah adanya online travel agent di Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1300012256_JUDUL__240512060347.pdf Download (193kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1300012256_BAB_I__210129060728.pdf Download (760kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1300012256_BAB_II__210129060728.pdf Restricted to Registered users only Download (761kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1300012256_BAB_III__210129060728.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1300012256_BAB_IV__210129060728.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1300012256_BAB_V__210129060729.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1300012256_DAFTAR_PUSTAKA__210129060729.pdf Download (486kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1300012256_LAMPIRAN__240512055912.pdf Restricted to Registered users only Download (796kB) | Request a copy |
Abstract
Keberadaan online travel agent (OTA) dalam tujuh tahun terakhir ini cukup berdampak pada penjualan travel agent yakni terjadi penurunan hingga 40%. Keadaan tersebut didukung dengan agent-agent airlines maupun kereta api yang sudah bisa menjual tiketnya secara langsung (directly) sehingga menyebabkan pergeseran lapangan pekerjaan terutama untuk travel agent yang hanya khusus menjual tiket. Secara definisi online travel agent merupakan poin penyedia kontak melalui World Wide Web (WWW) untuk memungkinkan pelanggan mencari dan memilih harga penerbangan serta jadwal yang tepat, yang kemudian dipesan dan diberikan oleh OTA. Karena kemunculan OTA tersebut, maka terjadi pergeseran peran travel agent dimana OTA telah mereduksi peran-peran mereka sebagai travel agent tradisional. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah travel agent di Kota Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah lpaoran laba rugi travel agent dengan teknik pengumpulan data purposive sampling. Hasil dari penelitian ini bahwa penilaian travel agent terhadap karakteristik online travel agent disimpulkan baik dilihat dari karakteristik produk dan dinilai sudah layak sebagai e-commerce di Indonesia. Kemudian karena kemunculan online travel agent inilah telah merubah peran travel agent secara signifikan sehingga travel agent mengalami penurunan pendapatan. Travel agent dalam hal ini perlu inovasi dengan adanya kemunculan online travel agent salah satunya adalah kemunculan konsep ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Online travel agent, e-commerce, travel agent |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisi / Prodi: | Faculty of Economics (Fakultas Ekonomi) > S1-Accounting (S1 Akuntansi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 May 2024 06:51 |
Last Modified: | 15 May 2024 06:51 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63408 |
Actions (login required)
View Item |