Sari, Indah Purnama (2024) Hubungan antara self-esteem dan dukungan sosial Orang Tua dengan prestasi belajar Siswa di SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000013084_JUDUL__240315110837.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB I)
T1_2000013084_BAB_I__240315110837.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) | Request a copy |
|
Text (BAB II)
T1_2000013084_BAB_II__240315110837.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000013084_BAB_III__240315110837.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000013084_BAB_IV__240315110837.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000013084_BAB_V__240315110837.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000013084_DAFTAR_PUSTAKA__240315110837.pdf Download (182kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000013084_LAMPIRAN__240315110837.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-esteem dan dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar siswa SMP Negeri 1 Pleret Kabupaten Bantul. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan dua skala, yaitu skala self-esteem dan skala dukungan sosial orang tua, serta nilai ASTS 1 tahun ajaran 2023/2024 siswa kelas VIII di SMPN 1 Pleret. Jumlah populasi sebanyak 212 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 113 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan program SPSS 19.00 for windows. Hasil analisis hipotesis mayor memperoleh koefisien (R) sebesar 0,420, nilai F sebesar 11,799 dengan taraf signifikansi 0,000 (p < 0,01). Hasil analisis hipotesis minor pertama, memperoleh sebesar 0,203 dengan taraf signifikansi sebesar 0,032 (p < 0,05) yang menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara self-esteem dengan prestasi belajar. Hasil analisis hipotesis minor kedua, koefisien korelasi partial (r) sebesar 0,312 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 (p < 0,01) yang menunjukkan ada hubungan positif dan sangat signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar. Self-esteem dan dukungan sosial orang tua secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 17,65 dengan prestasi belajar siswa sehingga dapat disimpulkan ada hubungan antara self-esteem dan dukungan sosial orang tua dengan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | dukungan sosial orang tua, prestasi belajar, self-esteem |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S1-Psychology (S1-Psikologi) |
Depositing User: | user fk |
Date Deposited: | 15 May 2024 07:20 |
Last Modified: | 15 May 2024 07:20 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63428 |
Actions (login required)
View Item |