Aidhina, Laili Rakhma (2024) Keefektifan layanan bimbingan klasikal teknik project based learning untuk meningkatkan self leardership pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001108_JUDUL__240515115857.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001108_BAB_I__240515115857.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001108_BAB_II__240515115857.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001108_BAB_III__240515115857.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001108_BAB_IV__240515115857.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001108_BAB_V__240515115857.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001108_DAFTAR_PUSTAKA__240515115857.pdf Download (188kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001108_LAMPIRAN__240515115857.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan self leadership yang dialami peserta didik di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Banyaknya masalah yang paling umum dialami oleh mereka dan masih banyak para remaja yang kesulitan dalam memimpin dirinya sendiri. Maka dari itu diperlukan adanya penanganan untuk dapat meningkatkan self leadership peserta didik yaitu pemberian layanan bimbingan klasikal teknik Project Based Learning. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan klasikal teknik Project Based Learning dalam meningkatkan self leadership.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan studi pre-experimental dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini melibatkan seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII B yang berjumlah 25 peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan skala self leadership. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji statistik paired sample t-test.
Penelitian ini dilaksanakan dengan intervensi selama 4 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan skor rata-rata self leadership pada peserta didik. Skor rata-rata sebelum pemberian treatment yaitu 34, 48 Sedangkan skor rata-rata setelah diberikannya treatment menjadi 45, 84.. Hasil dari analisis data statistik paired sample t-test menunjukkan hasil nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.000 (< 0.05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal teknik Project Based Learning efektif untuk meningkatkan self leadership siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bimbingan klasikal, project based learning, self leadership |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 16 May 2024 03:28 |
Last Modified: | 16 May 2024 03:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63456 |
Actions (login required)
View Item |