Afifah, Mutiara Nur (2024) Strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900031084_JUDUL__240517114035.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900031084_BAB_I__240516024023.pdf Download (321kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900031084_BAB_II__240516024023.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900031084_BAB_III__240516024023.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900031084_BAB_IV__240516024023.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900031084_BAB_V__240516024023.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031084_DAFTAR_PUSTAKA__240516024023.pdf Download (187kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900031084_LAMPIRAN__240516024023.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis spiritualitas pada anak yang disebabkan karena ketimpangan antara nilai-nilai keagamaan individu dengan perkembangan zaman, yang berdampak pada proses kehidupan terkhusus perkembangan kecerdasan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah, faktor pendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah, dan faktor penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi. Sedangkan analisis data penulis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Penelitian ini memberikan hasil bahwa, strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah meliputi: (1) strategi pembiasaan sholat, (2) menghafalkan surat-surat pendek Al-Qur’an Juz 30, (3) menceritakan kisah-kisah nabi dan rasul, (4) melaksanakan kegiatan mabit ramadhan, (5) melaksanakan peringatan hari besar Islam. Faktor pendukung guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah yaitu: (1) lingkungan sekolah, (2) lingkungan keluarga, (3) adanya sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat guru dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SDIT Khoiru Ummah yaitu: (1) faktor lingkungan, (2) kecenderungan siswa dalam bermain gadget.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kecerdasan spiritual, strategi, guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education L Education > LD Individual institutions (United States) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 24 May 2024 02:30 |
Last Modified: | 24 May 2024 02:30 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63532 |
Actions (login required)
View Item |