Rezikadhani, Novrilla (2024) Keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001026_JUDUL__240518033309.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001026_BAB_I__240518033309.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001026_BAB_II__240518033309.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001026_BAB_III__240518033309.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001026_BAB_IV__240518033309.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001026_BAB_V__240518033309.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001026_DAFTAR_PUSTAKA__240518033309.pdf Download (181kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001026_LAMPIRAN__240518033309.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Regulasi emosi sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam mengelola emosi mereka di kehidupan sehari-hari seperti di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat disekitar. Melihat dari permasalahan tersebut dibutuhkan layanan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan regulasi emosi yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama, melalui psikodrama peserta didik diminta untuk mengungkapkan perasaannya dalam keterampilan mengelola emosi memalui pertunjukan drama dan interaksi dalam kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama untuk meningkatkan regulasi emosi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pre- experimental design dengan metode one-group pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Sampel penelitian ini yaitu 6 siswa yang dipilih teknik purposive sampling dengan mengidentifikasi memiliki regulasi emosi pada kategori rendah. Instrumen penelitian ini menggunakan skala regulasi emosi yang telah diuji validitas menggunakan product moment dengan 19 butir pernyataan yang valid dan reliabilitas dengan nilai sebesar 0,821 dalam kategori tinggi. Pengambilan penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis dengan uji paired sample t-test dengan bantuan SPSS.
Berdasarkan hasil yang sudah dilakukan, diperoleh hasil nilai uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (<0,05). Hal ini mengacu pada hasil perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik psikodrama efektif untuk meningkatkan regulasi emosi pada siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | regulasi emosi, bimbingan kelompok, psikodrama |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QP Physiology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus1 userperpus1 |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:56 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:56 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63564 |
Actions (login required)
View Item |