Feriyani, Fani (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika menggunakan platform kodular materi bangun datar untuk siswa kelas VII SMP/MTS. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700006100_JUDUL__240521101328.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700006100_BAB_I__240521101328.pdf Download (672kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700006100_BAB_II__240521101328.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700006100_BAB_III__240521101328.pdf Restricted to Registered users only Download (820kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700006100_BAB_IV__240521101328.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700006100_BAB_V__240521101328.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700006100_DAFTAR_PUSTAKA__240521101328.pdf Download (448kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700006100_LAMPIRAN__240521101328.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan tujuan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, guru bisa menerapkan sistem pengaplikasian media pembelajaran interaktif sesuai dengan kriteria yang telah dibuat. Dengan kemunculan platform Kodular memudahkan para pendidik dalam membuat media pembelajaran interaktif sesuai dengan kriteria dan tujuan bagi siapapun yang membuatnya. Melalui pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif bisa menciptakan pembelajaran yang berfokus pada komunikasi antar siswa maupun siswa dengan guru sehingga secara tidak langsung meningkatkan semangat belajar dan juga mendorong motivasi siswa agar terfokus pada materi yang diajarkan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan subjek penelitian yaitu ahli media dan ahli materi serta siswa di SMP Negeri 1 Belik. Sedangkan objek penelitian ini merupakan media aplikasi yang dibuat menggunakan platform Kodular berupa file .apk. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan wawancara. Melalui instrumen penelitian berupa lembar angket dengan penggunaan metode analisis yang digunakan yaitu skala Likert.
Sehingga menghasilkan sebuah produk media pembelajaran interaktif berupa aplikasi pembelajaran matematika berbasis android dengan file .apk bernama FunMath yang berisi materi pembelajaran matematika pada elemen Geometri yang mencakup akhir Fase D pada kurikulum merdeka dimana peserta didik dapat menentukan hubungan antar sudut, kekongruenan dan menjelaskan kesebangunan pada sebuah segitiga dan segi empat serta dapat menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Aplikasi, kodular, media, bangun datar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 May 2024 08:02 |
Last Modified: | 22 May 2024 08:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63597 |
Actions (login required)
View Item |