Analisis peran Guru dalam penguatan literasi digital pada pembelajaran aqidah akhlak siswa SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro

Kurniawan, Dian Sidik (2024) Analisis peran Guru dalam penguatan literasi digital pada pembelajaran aqidah akhlak siswa SMP Muhammadiyah 1 Bambanglipuro. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1911331032_JUDUL__240522111927.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1911331032_BAB_I__240522111928.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1911331032_BAB_II__240522111928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1911331032_BAB_III__240522111928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1911331032_BAB_IV__240522111928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1911331032_BAB_V__240522111928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1911331032_DAFTAR_PUSTAKA__240522111928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1911331032_LAMPIRAN__240522111928.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang penelitian ini merupakan permasalahan di sekolah dimana guru mengupayakan beberapa peran untuk menguatkan literasi pada pembelajaran. Selain itu beberapa guru juga kurang memahami peranan dan perkembangan digital yang akan digunakan pada pembelajaran, padahal di perkembangan zaman yang semakin pesat ini dituntut untuk paham peranan teknologi pembelajaran tidak hanya siswa namun gurunya, karena pada era globalisasi dengan bebasnya orang mengakses teknologi dan jaringan maka sangat penting peran pendidikan dalam menguatkan literasi digital untuk membentuk karakter pada anak serta memahami, mengetahui, dan upaya penguatan literasi digital pada kompetensi pembelajaran aqidah akhlak serta mengidentifikasi faktor pendukung penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif , pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data dari sumber berupa peristiwa serta tempat. Wawancara untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin kepada informan. Dokumentasi digunakan untuk meraih data yang berupa catatan, foto, buku dan lain sebagainya.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya peran secara kelembagaan sekolah untuk mendukung peran guru dalam penguatan literasi digital dalam proses pembelajaran aqidah akhlak karena keberhasilan pendidikan dapat dipengaruhi oleh beberapa unsur salah satunya yaitu media pembelajaran, namun peran guru yang sudah baik masih perlu ditingkatkan melalui pemahaman dan penggunaan media ajar modern untuk terus berkembang sesuai zamannya. Pembiasaan nilai aqidah akhlak seperti siswa harus menaati aturan sekolah, Shalat berjamaah, melakukan hafalan surat dan senantiasa berdoa sebelum dan belajar dengan baik. pembelajaran harus relevan dengan perkembangan zaman karena dengan fokus penguatan literasi digital secara masif oleh guru dapat membentuk karakter pada siswa melalui pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Literasi digital, aqidah akhlak, karakter siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 25 May 2024 01:21
Last Modified: 25 May 2024 01:21
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63650

Actions (login required)

View Item View Item