Aghnia, Maulana Shidqi (2024) Implementasi profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan akhlakul karimah di SMP Negeri 9 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000031271_JUDUL__240522103320.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000031271_BAB_I__240516085708.pdf Download (563kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000031271_BAB_II__240516085708.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000031271_BAB_III__240516085708.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000031271_BAB_IV__240516085708.pdf Restricted to Registered users only Download (895kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000031271_BAB_V__240516085708.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031271_DAFTAR_PUSTAKA__240516085708.pdf Download (262kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000031271_LAMPIRAN__240520103243.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi mengenai Profesionalitas Guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah siswa, hal ini dilihat dari seberapa besar peran guru dalam memberikan proses pengajarannya kepada siswa di dalam kelas maupun di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran profesionalitas guru PAI dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan sumber data primer dalam penelitian ini melalui dua Guru PAI, Wakakurikulum, Aktivis Siswa, serta Buku Harian/Arsip Sekolah. Sedangkan pengumpulan sumber data sekunder yang diperoleh dalam penelitian ini melalui buku, artikel, serta dokumen luar sekolah yang terikat dengan tema penelitian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ada tiga tahapan yaitu, Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Profesionalitas guru PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta dapat dilihat dari sertifikasi keprofesionalitasannya, kemampuan penguasaan materi, penguasaan aspek dalam pengelolaan kelas, penguasaan strategi dan metode pembelajaran, serta kemampuan dalam mengevaluasi pembelajaran. 2) Guru PAI di SMP Negeri 9 Yogyakarta memiliki peran dan tanggung jawab dalam penanaman akhlakul karimah melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. 3) Faktor pendukung ada pada fasilitas yang memadai, kegiatan utama pembelajaran, dan kesesuaian peran guru merupakan faktor pendukung bagi guru PAI dalam proses penanaman akhlakul karimah. Sedangkan faktor penghambat dalam proses penanaman akhlakul karimah tersebut ada pada faktor lingkungan dan siswa itu sendiri. Adapun solusi yang diberikan guru PAI dalam menanggulangi hambatan tersebut tentu dengan memberikan contoh perilaku sifat teladan dalam menanamkan akhlakul karimah, memberikan motivasi di luar maupun di dalam pembelajaran, serta menekankan siswa agar lebih giat berpatisipasi pada penyelenggaraan kegiatan keagamaan akan memberikan dampak positif untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan dan akhlakul karimah siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profesionalitas, guru PAI, akhlakul karimah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 May 2024 01:15 |
Last Modified: | 25 May 2024 01:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63659 |
Actions (login required)
View Item |