Amalia, Mega (2024) Pengaruh penyesuaian diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap school well-being pada siswa SMA Penggerak di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207044014_JUDUL__240524023423.pdf Download (635kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207044014_BAB_I__240524023423.pdf Download (158kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207044014_BAB_II__240524023423.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207044014_BAB_III__240524023423.pdf Restricted to Registered users only Download (230kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207044014_BAB_IV__240524023423.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207044014_BAB_V__240524023423.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207044014_DAFTAR_PUSTAKA__240524023423.pdf Download (194kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207044014_LAMPIRAN__240524023423.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T2_2207044014_NASKAH_PUBLIKASI__240524023423.pdf Download (213kB) |
Abstract
School well-being merupakan gambaran tentang penilaian siswa terhadap kondisi sekolah, sehingga sekolah menjadi tempat yang menyenangkan dan aman bagi siswa. Siswa yang memiliki perasaan aman dan nyaman saat di sekolah akan berdampak pada hasil sekolah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penyesuaian diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap school well-being pada siswa SMA Penggerak di Yogyakarta. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Populasi yang digunakan adalah siswa SMA Penggerak di Kota Yogyakarta. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan multistage random sampling dengan menggabungkan dua teknik sampling yaitu cluster random sampling dan stratified random sampling. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala, yaitu skala school well-being, skala penyesuaian diri dan skala dukungan sosial teman sebaya. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi menggunakan bantuan SPSS V.25. Hasil analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini menunjukkan nilai F 3,805 dengan taraf signifikansi 0,024 (p<0,05). Penyesuaian diri mampu meningkatkan school well-being dengan nilai t 1,990 dengan taraf signifikansi 0,048 (p<0,05) dan dukungan sosial teman sebaya mampu meningkatkan school well-being dengan nilai t 4,149 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,01). Hasil penelitian menunjukkan penyesuaian diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap school well-being memiliki sumbangan efektif sebesar 10,1% pada siswa. Penyesuaian diri mampu mempengaruhi school well-being dengan sumbangan efektif sebesar 2,24�n dukungan sosial teman sebaya mampu mempengaruhi school well-being dengan sumbangan efektif sebesar 7,86%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada penyesuaian diri dan dukungan sosial teman sebaya terhadap school well-being.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Dukungan sosial teman sebaya, penyesuaian diri, school well-being |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Psychology (Fakultas Psikologi) > S2-Master of Psychology (S2-Psikologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 May 2024 01:21 |
Last Modified: | 28 May 2024 01:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63716 |
Actions (login required)
View Item |