Pengembangan psikoedukasi bermuatan ajaran KH Ahmad Dahlan untuk meningkatkan kedamaian siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Puteri, Nurul Hanifah (2024) Pengembangan psikoedukasi bermuatan ajaran KH Ahmad Dahlan untuk meningkatkan kedamaian siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001063_JUDUL__240525101712.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001063_BAB_I__240525101712.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001063_BAB_II__240525101712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001063_BAB_III__240525101713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001063_BAB_IV__240525101713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001063_BAB_V__240525101713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001063_DAFTAR_PUSTAKA__240525101713.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001063_LAMPIRAN__240525101713.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kedamaian siswa menjadi tantangan dalam mewujudkan budaya damai di sekolah agar tercapainya pendidikan yang aman, damai, dan kondusif. Siswa masih menunjukan sikap ketidakdamaian yang ditunjukan dengan meningkatnya emosional, kurangnya kekuatan mental, perilaku agresif, dan terjadinya perselisihan, sedangkan perilaku damai dimaknai dengan perilaku harmonis dan anti kekerasan. Kedamaian tercipta melalui pemikiran individu dan pikiran individu dapat diubah melalui pendidikan terutama melalui layanan bimbingan dan konseling yang menjadi salah satu strategi dalam membangun sekolah aman dan damai. Maka tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan psikoedukasi bermuatan ajaran KH Ahmad Dahlan untuk meningkatkan kedamaian siswa yang di kemas dalam sebuah buku panduan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model Brog and Gall yang tahap pelaksaannya dimodifikasi menjadi 5 tahapan yakni 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, dan 5) revisi desain. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala dan wawancara. Instrument penelitian menggunakan skala kedamaian, pedoman wawancara, lembar penilaian validasi ahli materi, ahli media, ahli layanan BK. Kemudian peneliti menggunakan teknik analisis data yakni analisis data deskriptif kuantitatif yang berasal dari data numerik para ahli dan teknik analisis data kualitatif berupa data verbal yang didapat dari saran dan komentar ahli. Hasil penelitian pengembangan psikoedukasi bermuatan ajaran KH Ahmad Dahlan untuk meningkatkan kedamaian siswa yang mendapatkan hasil dari validasi beberapa ahli, hasil validasi ahli materi mendapat nilai 90 dengan kategori sangat baik, hasil validasi ahli media mendapat nilai 85,93 dengan kategori sangat baik, dan hasil validasi layanan bimbingan dan konseling mendapat nilai 73,07 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa pengembangan psikoedukasi bermuatan ajaran KH Ahmad Dahlan untuk meningkatkan kedamaian siswa telah memenuhi kriteria keberterimaan atau layak untuk digunakan. Dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan untuk guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kedamaian, psikoedukasi, KH Ahmad Dahlan
Subjects: L Education > LA History of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 28 May 2024 01:45
Last Modified: 28 May 2024 01:45
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63721

Actions (login required)

View Item View Item