Mawardi, Edy (2024) Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah terhadap critical thinking skills IPA kelas V SD Muhammadiyah Suronatan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005003_JUDUL__240529093940.pdf Download (692kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005003_BAB_I__240529093940.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005003_BAB_II__240529093940.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005003_BAB_III__240529093940.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005003_BAB_IV__240529093940.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005003_BAB_V__240529093940.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005003_DAFTAR_PUSTAKA__240529093940.pdf Download (186kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005003_LAMPIRAN__240529093940.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005003_NASKAH_PUBLIKASI__240529093940.pdf Download (707kB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang penting dimiliki oleh peserta didik yang dapat membantu peserta didik dalam mengidentidikasi dan menyelesaikan suatu permasalahan yang dihadapi. Akan tetapi, kemampuan peserta didik masih dalam kategori rendah. Permasalahan yang ditemukan pada kurangnya kemampuan dan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang disebabkan keberagaman peserta didik. Guru belum mampu mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik, mengingat guru masih menggunakan gaya belajar yang bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah terhadap critical thinking skills IPA kelas V SD Muhammadiyah Suronatan.
Desain penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan melibatkan 28 siswa pada kelas eksperimen dan 28 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan guide observasi dan soal tes. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah memberikan peningkatan terhadap critical thinking skills peserta didik IPA kelas V di SD Muhammadiya Suronatan. Penelitian dilakukan dengan empat pertemuan yaitu dua kali pembelajaran belajar dengan pemberian perlakuan. Peserta didik mengalami peningkatan sebelum dilakukan perlakuan mendapat rata-rata nilai 55,20 (Rendah) dan setelah perlakuan dengan rata-rata nilai 72 (Sedang) yang diperoleh oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data critical thinking skills kelas eksperimen mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan persentase 85 % kelulusan setelah adanya perlakuan. Hal ini membuktikan adanya pengaruh pembelajaran berdiferensiasi berbasis masalah terhadap critical thinking skills. Oleh karena itu diharapkan perlu integrasi model ini dalam desain kurikulum dan pelatihan guru untuk mengoptimakan proses pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran berdiferensiasi, berbasis masalah, critial thinking skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 30 May 2024 09:01 |
Last Modified: | 30 May 2024 09:01 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63829 |
Actions (login required)
View Item |