Ardiva, Azalia Zahra Agus (2024) Pemanfaatan media sosial Instagram @arkacoffe.space dalam membangun loyalitas konsumen. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000030112_JUDUL__240605093755.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000030112_BAB_I__240605093755.pdf Download (816kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000030112_BAB_II__240605093755.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000030112_BAB_III__240605093755.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000030112_BAB_IV__240605093755.pdf Restricted to Registered users only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000030112_DAFTAR_PUSTAKA__240605093755.pdf Download (143kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000030112_LAMPIRAN__240605093755.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000030112_NASKAH_PUBLIKASI__240605093755.pdf Download (422kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi internet menjadi tanda kemajuan dari era modern.
Kemudahan dalam mengakses segala sesuatu melalui smartphone serta beragam
media sosial yang memudahkan untuk berkomunikasi termasuk salah satu contoh dari
perkembangan teknologi saat ini. Melalui internet ini juga memudahkan kita untuk
mengakses media sosial yang banyak memberikan informasi. Selain memberikan
informasi media sosial kini sudah merambah ke dunia bisnis atau promosi, dengan
mengakses media sosial ini semua orang bisa melihat produk yang diingin. Salah satu
contoh media sosialnya adalah Instagram, instagram memberi banyak informasi dan
segala macam bentuk promosi. Akun media sosial instagram @arkacoffe.space
merupakan salah satu coffeshop yang memanfaatkan instagram dalam hal
mempromosikan produk untuk membangun loyalitas konsumen. Rumusan masalah
pada penelitian ini adalah bagaimana @arkacoffe.space dalam memanfaatkan
instagram dalam membangun loyalitas konsumen.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dikaji melalui
Teori 4C oleh Chris Heuer yaitu Context, communication, Collaboration dan
Connection. Dengan rumusan masalah yaitu bagiamana Arka Coffe and Space dalam
memanfaatkan media sosial Instgaram dalam membangun loyalitas konsumen.
Hasil dari penelitian ini yaitu dari segi Context, melalui bentuk isi dari konten
yang diposting di instagram @arkacoffe.space dinilai dapat membangun loyalitas
karena bentuk dan isi nya mengandung informasi yang mudah dimengerti folowers.
Segi Communication, akun media sosial instagram @arkacoffe.space mampu
menyampaikan informasi melalui fitur instagram yang interaktif dengan pengikutnya
yaitu melalui caption, komentar dan direct massage sehingga dapat membangun
loyalitas konsumen. Colaboration, hal ini dinilai membangun loyalitas konsumen
karena konsumen tidak hanya mendapatkan pengalaman dalam minuman dan
makanannya saja tetapi juga dapat menikmati adanya kolaborator di Arka Coffe and
Space. Melalui itu konsumen memiliki rasa ingin berkunjung kembali ke Arka Coffe
and Space. Segi Connection akun media sosial instagram @arkacoffe.space dinilai
cukup membangun loyalitas konsumen melalui postingan instagram yaitu penawaran
diskon, melalui penawaran diskon tersebut mampu mendorong keinginan konsumen
yang cukup impulsif untuk membeli produk yang ia sukai dengan harga yang lebih
terjangkau.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | social media, Instagram, loyalty, consumers |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisi / Prodi: | Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 05:48 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 05:48 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/63976 |
Actions (login required)
View Item |