Implementasi blended learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa dengan menggunakan platform Jogja Madrasah Digital (JMD) di MAN 1 Bantul

Anwar, Nukhan (2024) Implementasi blended learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk karakter religius siswa dengan menggunakan platform Jogja Madrasah Digital (JMD) di MAN 1 Bantul. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031247_JUDUL__240607085930.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031247_BAB_I__240607085930.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031247_BAB_II__240607085930.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031247_BAB_III__240607085930.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031247_BAB_IV__240607085930.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031247_BAB_V__240607085930.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031247_DAFTAR_PUSTAKA__240607085930.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900031247_LAMPIRAN__240607085930.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Salah satu bidang yang mengalami kemajuan teknologi adalah pendidikan. Penggabungan metode belajar konvesional dengan modern menjadi daya tarik bagi penulis untuk ikut serta dalam mengulas aspek tersebut. Kemajuan era digital menjadikan penulis mengungkap penelitian tentang “Implementasi Blended Learning pada Pembelajaran PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa dengan menggunakan Platform Jogja Madrasah Digital (JMD) di MAN 1 Bantul”. Dengan maksud dan tujuan untuk melihat implementasi pada pembelajaran JMD serta faktor pendorong dan penghambat siswa dalam membentuk karakter religius.
Penulis menerapkan metode penelitian kualitatif menggunakan instrumen berupa penulis. Informasi primer diperoleh dari para pendidik mata pelajaran PAI yang berfokus pada mata pelajaran akidah akhlak serta qur’an hadist dan siswa di MAN 1 Bantul, sementara data sekunder diperoleh dari guru mata pelajaran umum dan arsip dokumen MAN 1 Bantul. Penulis menggali data melalui beragam teknik seperti wawancara, dokumentasi, observasi, dan triangulasi sumber data. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menjelaskan mengenai penerapan pembelajaran blended learning yang berfokus pada mata pelajaran PAI yang mana pembelajaran tersebut dilaksanakan menggunakan media berupa platform Jogja Madrasah Digital sebagai sarana pembentukan karakter religius siswa di MAN 1 Bantul. Selain itu, faktor pendorong dan penghambat juga menjadi fokus pembahasan pokok yang diangkat oleh penulis.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Blended learning, karakter religius, Jogja Madrasah Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:49
Last Modified: 11 Jun 2024 02:49
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64019

Actions (login required)

View Item View Item