Pengaruh problem based learning (PBL) berbantuan TPACK terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian kelas III di Sekolah Dasar

Rifqoh, Sinta Amalia (2024) Pengaruh problem based learning (PBL) berbantuan TPACK terhadap hasil belajar matematika pada materi pembagian kelas III di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005290_JUDUL__240609113739.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005290_BAB_I__240609113740.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005290_BAB_II__240609113740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005290_BAB_III__240609113740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005290_BAB_IV__240609113740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005290_BAB_V__240609113740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005290_DAFTAR_PUSTAKA__240609113740.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005290_LAMPIRAN__240609113740.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah salah satu pembelajaran yang dikembangkan di lingkungan peserta didik di sekolah dasar. Salah satu materi dalam mata pelajaran matematika ini adalah materi pembagian. Materi pembagian ini akan sangat berguna dalam kehidupan nyata yang akan dijumpai dalam hari-harinya. Materi pembagian ini biasanya di kelas 3 mengalami kesulitan dalam memahami konsep dalam pembagian. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terhadap penerapan modelpembelajaran berbasis masalah(PBL) berbantuan TPACK secara signifikan terhadap hasil belajar matematika materi pembagian pada peserta didik kelas III SD Muhammadiyah Pajangan 2.
Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian desain kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group desaign. Pengumpulan data menggunakan tes yaitu pretest dan posttest. Penggunaan kedua tes ini untuk mengetahui sejauh mana peserta didik dalam memahami materi tersebut. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Hasil validasi pada penelitian ini menggunakan product moment. Pengujian validasi ini untuk menguji kevalidan soal sebelum dilakukannya tindakan. Hasil validasi menghasilkan lebih dari 0,005, sehingga 10 soal tes awal Dantes pasca dinyatakan valid. Hasil penelitian ini juga memperoleh hasil dari setiap masing-masing kelas. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan model PBL menunjukan hasil yang signifikan dengan dilihat dari standar pada subjek 57,9, hal ini tergolong kategori cukup efektif. Kelas kontrol sendiri yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional menunjukan hasil yang kurang baik, dilihat dari skor gaian 28,7. Model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah(PBL) berbantuan TPACK dapat disimpulkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi pembagian kelas III. Dengan demikian, kontribusi penelitian dapat membantu guru dalam menerapkan model pembelajaran yang mendukung pemahaman peserta didik dalam memahami materi pembagian.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Hasil belajar, matematika, problem based learning, sekolah dasar, TPACK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:29
Last Modified: 10 Jun 2024 07:29
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64060

Actions (login required)

View Item View Item