Hildayana, Henisa (2024) Keefektifan bimbingan kelompok teknik discovery learning dalam meningkatkan self directed learning pada siswa SMP Negeri Sewon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001106_JUDUL__240610041543.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001106_BAB_I__240610041544.pdf Download (337kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001106_BAB_II__240610041544.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001106_BAB_III__240610041544.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001106_BAB_IV__240610041544.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001106_BAB_V__240610041544.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001106_DAFTAR_PUSTAKA__240610041544.pdf Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001106_LAMPIRAN__240610041544.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Belajar merupakan kewajiban dan tanggung jawab bagi seorang siswa, self directed learning atau kemandirian belajar merupakan keterampilan siswa untuk mengaplikasikan dalam belajar. Sekarang ini keterampilan self directed learning berkurang pada diri siswa, hal ini terjadi karena banyak faktor yang menyebabkan atau mempengaruhinya, antara lain kurangnya motivasi dan disiplin diri dan kurangnya disiplin dalam waktu dan usaha belajar. Layanan bimbingan kelompok teknik discovery learning bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan kemandirian belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik discovery learning untuk meningkatkan self directed learning pada siswa.
Penelitian ini melakukan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode pre-experimental design type one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIII SMP Negeri 4 Sewon Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 94 siswa, sedangkan sample dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa yang ditentukan melalui purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala self directed learning dengan analisis data menggunakan uji paired t-test.
Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa skor mean pretest sebesar 65,3 dan perolehan skor mean posttest sebesar 92,5 dikuatkan dengan hasil uji paird sample t-tes sebesar 000. Diharapkan dari penelitian ini bisa menjadi alternatif solusi untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Bimbingan kelompok, discovery learning, self directes learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 09:28 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 09:28 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64103 |
Actions (login required)
View Item |