Keefektifan bimbingan kelompok teknik discovery learning dalam meningkatkan self directed learning pada siswa SMP Negeri Sewon

Hildayana, Henisa (2024) Keefektifan bimbingan kelompok teknik discovery learning dalam meningkatkan self directed learning pada siswa SMP Negeri Sewon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001106_JUDUL__240610041543.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001106_BAB_I__240610041544.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001106_BAB_II__240610041544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001106_BAB_III__240610041544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001106_BAB_IV__240610041544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001106_BAB_V__240610041544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001106_DAFTAR_PUSTAKA__240610041544.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001106_LAMPIRAN__240610041544.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Belajar merupakan kewajiban dan tanggung jawab bagi seorang siswa, self directed learning atau kemandirian belajar merupakan keterampilan siswa untuk mengaplikasikan dalam belajar. Sekarang ini keterampilan self directed learning berkurang pada diri siswa, hal ini terjadi karena banyak faktor yang menyebabkan atau mempengaruhinya, antara lain kurangnya motivasi dan disiplin diri dan kurangnya disiplin dalam waktu dan usaha belajar. Layanan bimbingan kelompok teknik discovery learning bisa menjadi alternatif untuk meningkatkan kemandirian belajar. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik discovery learning untuk meningkatkan self directed learning pada siswa.
Penelitian ini melakukan penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode pre-experimental design type one group pre-test post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIII SMP Negeri 4 Sewon Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 94 siswa, sedangkan sample dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa yang ditentukan melalui purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan skala self directed learning dengan analisis data menggunakan uji paired t-test.
Berdasarkan analisis data, diketahui bahwa skor mean pretest sebesar 65,3 dan perolehan skor mean posttest sebesar 92,5 dikuatkan dengan hasil uji paird sample t-tes sebesar 000. Diharapkan dari penelitian ini bisa menjadi alternatif solusi untuk melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bimbingan kelompok, discovery learning, self directes learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 11 Jun 2024 09:28
Last Modified: 11 Jun 2024 09:28
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64103

Actions (login required)

View Item View Item