Rizky, Hahan Nur (2024) Cause and effect diagram pada kualitas aplikasi iPusnas dengan pendekatan text mining berdasarkan ulasan pengguna. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000016038_JUDUL__240610122638.pdf Download (590kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000016038_BAB_I__240610122638.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000016038_BAB_II__240610122638.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000016038_BAB_III__240610122638.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000016038_BAB_IV__240610122638.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000016038_BAB_V__240610122639.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000016038_DAFTAR_PUSTAKA__240610122639.pdf Download (157kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000016038_LAMPIRAN__240610122639.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan literasi di Indonesia menjadi fokus penting dalam pembangunan sebuah negara. Budaya literasi, termasuk kemampuan membaca, menulis, dan memahami informasi, dianggap krusial dalam mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan. Di era digital saat ini, teknologi digital library menjadi salah satu alat yang mendukung peningkatan budaya literasi, dengan aplikasi iPusnas sebagai contohnya. Meskipun penggunaan iPusnas meningkat secara signifikan, penilaian pengguna yang rendah di Google Play Store menunjukkan adanya masalah dalam kualitas aplikasi ini. Hingga Mei 2024 aplikasi iPusnas mendapatkan rating sebesar 3,3 dari total keseluruhan rating sebesar 5,0. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan pengguna iPusnas menggunakan pendekatan text mining, serta cause and effect diagram yang digunakan untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang memengaruhi kualitas aplikasi iPusnas
Pengumpulan data dilakukan melalui teknik web scraping yang diambil dari data ulasan pada website Google Play Store, kemudian data ulasan diproses menggunakan langkah-langkah preprocessing. Analisis sentimen dilakukan dengan memanfaatkan library VADER (Valance Aware Dictionary and Sentiment Reasoner), sementara association text digunakan untuk mengidentifikasi pola kata yang sering muncul dalam ulasan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 5.000 data ulasan menghasilkan sentimen yang cenderung negatif terhadap aplikasi iPusnas. Terdapat tiga kelompok sentimen yakni positif, netral dan negatif. Dengan distribusi 39.8% (1.990 pengguna) memberikan ulasan negatif, 33.9% (1.694 pengguna) memberikan ulasan positif, dan 26.3% (1.316 pengguna) memberikan ulasan netral. Terdapat aspek yang menjadi keunggulan iPusnas yaitu menyediakan koleksi buku lengkap secara gratis, fitur-fiturnya yang baik membantu pengguna dengan berbagai jenis referensi buku dan tugas kuliah. Selain itu terdapat aspek yang menjadi keluhan pengguna yaitu aplikasi yang sering berhenti, antarmuka yang buruk, kesalahan pemrosesan data, terjadi kegagalan saat pinjam buku dan masalah login serta penggunaan fitur email.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Cause and effect diagram, iPusnas, text mining, VADER, association rule, analisis sentimen |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:49 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:49 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64117 |
Actions (login required)
View Item |