Penggunaan digital science learning pada SD Muhammadiyah Condongcatur

Kuswijayanti, Irma Dwi (2024) Penggunaan digital science learning pada SD Muhammadiyah Condongcatur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005043_JUDUL__240615120150.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005043_BAB_I__240615120151.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005043_BAB_II__240615120151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005043_BAB_III__240615120151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005043_BAB_IV__240615120151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005043_BAB_V__240615120151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005043_DAFTAR_PUSTAKA__240615120151.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005043_LAMPIRAN__240615120151.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005043_NASKAH_PUBLIKASI__240615120151.pdf

Download (992kB)

Abstract

Dunia pendidikan sempat melakukan pembelajaran jarak jauh karena adanya pandemic Covid-19. Pada masa pandemi tersebut, pembelajaran tatap muka beralih ke pembelajaran digital atau pembelajaran dalam jaringan (daring). Pada pembelajaran digital di masa pandemi, terdapat banyak platform yang dapat menunjang jalannya pembelajaran meskipun melalui jarak jauh. Setelah melakukan pembelajaran jarak jauh, pembelajaran kembali dilakukan dengan tatap muka di sekolah. Namun, pembelajaran yang dilakukan tetap menggunakan pembelajaran yang berbasis digital seiring perkembangan zaman. Dengan menggunakan berbagai macam platform pada proses pembelajaran merupakan keragaman yang dilakukan oleh sekolah, terutama guru untuk menyampaikan suatu materi pada pembelajaran IPA yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang diambil sebagai sampel sumber data yang dilakukan secara purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probability sampling pada penelitian ini yaitu wakil kepala bidang kurikulum, guru pengampu mata pelajaran IPA kelas 1 dan 4, peserta didik kelas 1 dan 4. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing / verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keragaman digital science learning di SD Muhammadiyah Condongcatur. Keragaman yang terdapat pada pembelajaran digital science learning tersebut yaitu berupa platform powerpoint, Microsoft word, quizizz, dan video pembelajaran. Selain itu terdapat sarana dan prasarana yang telah difasilitasi oleh sekolah untuk menunjang pembelajaran digital. Selain itu, terdapat keragaman lingkungan yang dapat mendukung penerapan pembelajaran digital di sekolah tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pembelajaran IPA, keragaman digital science learning, kurikulum merdeka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus3 userperpus3
Date Deposited: 22 Jun 2024 03:09
Last Modified: 22 Jun 2024 03:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64309

Actions (login required)

View Item View Item