Hikmah, Aisyah Durrotul (2024) Penerapan metode demonstrasi pada pelajaran fiqih ibadah di SMA Muhammadiyah Sukoharjo Jawa Tengah. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2011031151_JUDUL__240615090621.pdf Download (799kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2011031151_BAB_I__240614104831.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2011031151_BAB_II__240614104831.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2011031151_BAB_III__240614104831.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2011031151_BAB_IV__240614104831.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2011031151_BAB_V__240614104831.pdf Restricted to Registered users only Download (90kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2011031151_DAFTAR_PUSTAKA__240614104831.pdf Download (178kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2011031151_LAMPIRAN__240611105651.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan peserta didik SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo yang tidak dapat mempraktekkan materi pengurusan jenazah dengan baik. Selain itu, peserta didik juga mendapat nilai di bawah kkm pada hasil ujian tulis pada pelajaran fiqih. Karena itu, penelitian ini hendak memaparkan pertama, bagaimana implementasi pendidik dengan metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih, kedua bagaimana kompetensi pendidik dalam mengimplementasikan metode demonstrasi pada pelajaran fiqih, ketiga apa faktor penghambat dan pendukung dalam mengimplementasikan metode demonstrasi pada pelajaran fiqih.
Subjek pada penelitian ini adalah pendidik pelajaran fiqih dan peserta didik kelas 11 di SMA Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan 3 triangulasi yaitu, triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Hasil penelitian kemudian di analisis dengan menggunakan kata-kata yang disusun ke dalam teks yang di perluas.
Hasil dari penelitian ini adalah pertama, implementasi pendidik dalam metode demonstrasi yaitu: (a) pendidik belum melakukan langkah-langkah dalam proses pembelajaran menggunakan metode demonstrasi (b) pendidik belum sepenuhnya mengimplementasikan metode demonstrasi pada setiap pertemuan di kelas. Kedua, kompetensi pendidik dalam mengimplementasikan metode demonstrasi di kelas yaitu,: (a) pendidik masih belum memahami metode yang digunakannya dalam proses pembelajaran (b) pendidik belum melakukan evaluasi kepada peserta didik pada akhir jam pelajaran. Ketiga, faktor penghambat nya adalah (a) kurangnya fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran (b) terbatasnya waktu dalam proses pembelajaran. Adapun faktor pendukungnya pendidik memiliki pengalaman yang mumpuni dalam materi pengurusan jenazah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kompetensi pendidik, metode demonstrasi, pembelajaran |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus3 userperpus3 |
Date Deposited: | 22 Jun 2024 03:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2024 03:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64315 |
Actions (login required)
View Item |