Keefektifan bimbingan klasikal teknik discovery learning untuk meningkatkan aspirasi karier siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Yogyakarta

Hamamah, Fatin (2024) Keefektifan bimbingan klasikal teknik discovery learning untuk meningkatkan aspirasi karier siswa kelas XI di SMA Negeri 7 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001150_JUDUL__240615031717.pdf

Download (940kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001150_BAB_I__240615031717.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001150_BAB_II__240615031717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001150_BAB_III__240615031717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001150_BAB_IV__240615031717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001150_BAB_V__240615031717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001150_DAFTAR_PUSTAKA__240615031717.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001150_LAMPIRAN__240615031717.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Aspirasi Karier merupakan dorongan atau ambisi yang dimiliki seseorang dalam mencapai kesuksesan dan keberhasilan dalam bidang karier dengan mencakup cita-cita, tujuan, dan impian yang ingin dicapai seseorang dalam perjalanan kariernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan bimbingan klasikal teknik discovery learning untuk meningkatkan Aspirasi Karier Siswa Kelas XI di SMAN 7 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan studi pre-experimental dengan desain penelitian single group pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini melibatkan seluruh kelas XI SMAN 7 Yogyakarta. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI-3 yang berjumlah 30 peserta didik yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan skala aspirasi karier. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji statistik paired sample t-test.
Penelitian ini dilaksanakan dengan intervensi selama 4 pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan skor rata-rata aspirasi karier pada peserta didik. Skor rata-rata peserta didik sebelum dilakukan treatment yaitu sebesar 104,60. Sedangkan skor rata-rata setelah pemberian treatment yaitu sebesar 115,60. Hasil dari analisis data statistik menggunakan uji paired sample t-test menunjukan hasil nilai sig 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan klasikal teknik discovery learning efektif untuk meningkatkan aspirasi karier siswa kelas XI di SMAN 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Bimbingan klasikal, discovery learning, aspirasi karier
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:15
Last Modified: 18 Jul 2024 07:15
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64363

Actions (login required)

View Item View Item