Aurelia, Thilfani Zahra (2024) Efektivitas bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
| 
              
Text (JUDUL)
 T1_1800001243_JUDUL__240619012004.pdf Download (890kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB I)
 T1_1800001243_BAB_I__240619121422.pdf Download (120kB)  | 
          |
| 
              
Text (BAB II)
 T1_1800001243_BAB_II__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB III)
 T1_1800001243_BAB_III__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB IV)
 T1_1800001243_BAB_IV__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (BAB V)
 T1_1800001243_BAB_V__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy  | 
          |
| 
              
Text (Daftar Pustaka)
 T1_1800001243_DAFTAR_PUSTAKA__240619121422.pdf Download (157kB)  | 
          |
| 
              
Text (Lampiran)
 T1_1800001243_LAMPIRAN__240619011759.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy  | 
          
Abstract
Kurangnya kesadaran diri, berkomunikasi antar teman atau orang 
lain, sulit mengambil keputusan, dan kurangnya memotivasi siswa 
ataupun diri merupakan permasalahan yang sering terjadi pada siswa. 
Hal tersebut dapat menggangu siswa dalam berproses dan mengganggu 
siswa tersebut dalam berorganisasi. Jika siswa tersebut menjadi seorang 
pemimpin maka permasalah tersebut sudah teratasi dengan memilki 
keterampilan kepemimpinan. Pentingnya untuk selalu meningkatkan 
keterampilan kepemimpinan untuk bisa menjalankan organisasi dan 
pengembangan diri yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menguji 
keefektifan bimbingan kelompk berbasis modul pelatihan untuk
meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa di organisasi Pramuka 
SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah preeksperimental menggunakan design one group pretest posttest. Sampe 
yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 8 orang, dengan 
subjek penelitian yaitu anggota inti ekstrakulikuler Pramuka SMP Negeri 
4 Yogyakarta. Instrument yang digunakan skala yang telah melalui uji 
valditas dan realibilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas dan 
uji t test. 
Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata skor pre test sebesar 71 
sebelum diberikan layanan dan skor post test 80,87 terdapat peningkatan 
rata-rata skor sebesar 9,87 setelah diberikan layanan kepada siswa dan 
hasil uji paired t-test dengan bantuan SPSS maka diketahui diperoleh Sig 
(2-tailed) sebesar 0,000 yang mana kurang dari (<) 0,05 yang berarti 
menunjukan adanya signifikansi, dari hasil t-test tersebut maka dapat 
diketahui bahwa bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan efektif 
untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP.
| Item Type: | Thesis (S1) | 
|---|---|
| Keyword: | Modul pelatihan, keterampilan kepemimpinan, bimbingan kelompok | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) | 
| Depositing User: | userperpus2 userperpus2 | 
| Date Deposited: | 22 Jun 2024 08:36 | 
| Last Modified: | 22 Jun 2024 08:36 | 
| URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64377 | 
| Dosen Pembimbing: | Bhakti, Caraka Putra Bhakti | [error in script] | 
Actions (login required)
![]()  | 
        View Item | 
