Aurelia, Thilfani Zahra (2024) Efektivitas bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800001243_JUDUL__240619012004.pdf Download (890kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800001243_BAB_I__240619121422.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800001243_BAB_II__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800001243_BAB_III__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800001243_BAB_IV__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800001243_BAB_V__240619121422.pdf Restricted to Registered users only Download (87kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001243_DAFTAR_PUSTAKA__240619121422.pdf Download (157kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800001243_LAMPIRAN__240619011759.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya kesadaran diri, berkomunikasi antar teman atau orang
lain, sulit mengambil keputusan, dan kurangnya memotivasi siswa
ataupun diri merupakan permasalahan yang sering terjadi pada siswa.
Hal tersebut dapat menggangu siswa dalam berproses dan mengganggu
siswa tersebut dalam berorganisasi. Jika siswa tersebut menjadi seorang
pemimpin maka permasalah tersebut sudah teratasi dengan memilki
keterampilan kepemimpinan. Pentingnya untuk selalu meningkatkan
keterampilan kepemimpinan untuk bisa menjalankan organisasi dan
pengembangan diri yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menguji
keefektifan bimbingan kelompk berbasis modul pelatihan untuk
meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa di organisasi Pramuka
SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah preeksperimental menggunakan design one group pretest posttest. Sampe
yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 8 orang, dengan
subjek penelitian yaitu anggota inti ekstrakulikuler Pramuka SMP Negeri
4 Yogyakarta. Instrument yang digunakan skala yang telah melalui uji
valditas dan realibilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas dan
uji t test.
Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata skor pre test sebesar 71
sebelum diberikan layanan dan skor post test 80,87 terdapat peningkatan
rata-rata skor sebesar 9,87 setelah diberikan layanan kepada siswa dan
hasil uji paired t-test dengan bantuan SPSS maka diketahui diperoleh Sig
(2-tailed) sebesar 0,000 yang mana kurang dari (<) 0,05 yang berarti
menunjukan adanya signifikansi, dari hasil t-test tersebut maka dapat
diketahui bahwa bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan efektif
untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul pelatihan, keterampilan kepemimpinan, bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Jun 2024 08:36 |
Last Modified: | 22 Jun 2024 08:36 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64377 |
Actions (login required)
View Item |