Efektivitas bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP

Aurelia, Thilfani Zahra (2024) Efektivitas bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800001243_JUDUL__240619012004.pdf

Download (890kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800001243_BAB_I__240619121422.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800001243_BAB_II__240619121422.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800001243_BAB_III__240619121422.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800001243_BAB_IV__240619121422.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800001243_BAB_V__240619121422.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800001243_DAFTAR_PUSTAKA__240619121422.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800001243_LAMPIRAN__240619011759.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya kesadaran diri, berkomunikasi antar teman atau orang
lain, sulit mengambil keputusan, dan kurangnya memotivasi siswa
ataupun diri merupakan permasalahan yang sering terjadi pada siswa.
Hal tersebut dapat menggangu siswa dalam berproses dan mengganggu
siswa tersebut dalam berorganisasi. Jika siswa tersebut menjadi seorang
pemimpin maka permasalah tersebut sudah teratasi dengan memilki
keterampilan kepemimpinan. Pentingnya untuk selalu meningkatkan
keterampilan kepemimpinan untuk bisa menjalankan organisasi dan
pengembangan diri yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menguji
keefektifan bimbingan kelompk berbasis modul pelatihan untuk
meningkatkan keterampilan kepemimpinan siswa di organisasi Pramuka
SMP Negeri 4 Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah preeksperimental menggunakan design one group pretest posttest. Sampe
yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak 8 orang, dengan
subjek penelitian yaitu anggota inti ekstrakulikuler Pramuka SMP Negeri
4 Yogyakarta. Instrument yang digunakan skala yang telah melalui uji
valditas dan realibilitas. Analisis data menggunakan uji normalitas dan
uji t test.
Berdasarkan hasil perbandingan rata-rata skor pre test sebesar 71
sebelum diberikan layanan dan skor post test 80,87 terdapat peningkatan
rata-rata skor sebesar 9,87 setelah diberikan layanan kepada siswa dan
hasil uji paired t-test dengan bantuan SPSS maka diketahui diperoleh Sig
(2-tailed) sebesar 0,000 yang mana kurang dari (<) 0,05 yang berarti
menunjukan adanya signifikansi, dari hasil t-test tersebut maka dapat
diketahui bahwa bimbingan kelompok berbasis modul pelatihan efektif
untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinan organisasi siswa SMP.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul pelatihan, keterampilan kepemimpinan, bimbingan kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 22 Jun 2024 08:36
Last Modified: 22 Jun 2024 08:36
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64377

Actions (login required)

View Item View Item