Nurjihanisa, Syifa (2024) Forum komunikasi sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005114_JUDUL__240619102929.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005114_BAB_I__240619102930.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005114_BAB_II__240619102930.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005114_BAB_III__240619102930.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005114_BAB_IV__240619102930.pdf Restricted to Registered users only Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005114_BAB_V__240619102930.pdf Restricted to Registered users only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005114_DAFTAR_PUSTAKA__240619102930.pdf Download (1MB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005114_LAMPIRAN__240619102930.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan menjadi hal terpenting dalam meningkatkan taraf hidup manusia, tidak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut forum komunikasi sekolah dan orang tua siswa berkebutuhan khusus, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan kegiatan forum komunikasi antara sekolah dan orang tua siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri Giwangan. Penyelenggaraan forum komunikasi menjadi salah satu program sekolah dan orang tua siswa berkebutuhan khusus yang sangat penting dalam mewujudkan proses pembelajaran yang efektif dan berfungsi untuk menjalin hubungan dan memberikan informasi terkait ABK baik di sekolah maupun di rumah. Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perlu adanya pengkajian lebih lanjut forum komunikasi sekolah dan orang tua siswa berkebutuhan khusus, faktor pendukung dan faktor penghambat dalam melakukan kegiatan forum komunikasi antara sekolah dan orang tua siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri Giwangan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 (satu) wakil kepala sekolah bidang kurikulum, 1 (satu) guru pembimbing khusus (GPK), dan 3 (tiga) orang tua ABK. Objek tentang pelaksanaan forum komunikasi sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa berkebutuhan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan forum komunikasi sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri Giwangan dilaksanakan secara nontatap muka atau online melalui media sosial WhatsApp (WA) dan secara offline atau tatap muka sesuai kebutuhan. Hal tersebut lebih efektif dilaksanakan dengan mempertimbangkan faktor pendukung dan penghambat yang ada. Faktor pendukung tersebut meliputi adanya sarana prasarana, adanya program dan kebijakan sekolah, adanya kesamaan kondisi anak, dan adanya tingkat kesadaran orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu waktu pertemuan yang kurang sesuai antara GPK dan orang tua ABK, serta kesadaran orang tua ABK untuk berkomunikasi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Forum komunikasi, proses pembelajaran, anak berkebutuhan khusus, disabilitas, inklusif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Jul 2024 06:39 |
Last Modified: | 22 Jul 2024 06:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64390 |
Actions (login required)
View Item |