Implementasi penanaman karakter toleransi dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMPN 16 Yogyakarta

Fitri, Hermalia Rosalina (2024) Implementasi penanaman karakter toleransi dalam pembelajaran pendidikan pancasila di SMPN 16 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000009024_JUDUL__240619120026.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000009024_BAB_I__240619120027.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000009024_BAB_II__240619120027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000009024_BAB_III__240619120027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000009024_BAB_IV__240619120027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000009024_BAB_V__240619120027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000009024_DAFTAR_PUSTAKA__240619120027.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000009024_LAMPIRAN__240619120027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000009024_NASKAH_PUBLIKASI__240619120028.pdf

Download (285kB)

Abstract

Toleransi perlu ditanamkan sedini mungkin agar seseorang mempunyai pemikiran terbuka dalam menghadapi perbedaan yang ada. Orang yang tidak dipupuk dengan karakter toleransi memungkinkan memiliki pribadi yang tidak bisa menerima perbedaan bahkan membuat orang tersebut sulit bersosialisasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi penanaman karakter toleransi dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, faktor pendukung dan faktor penghambat di SMPN 16 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Objek penelitiannya yaitu implementasi penanaman karakter toleransi dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di SMPN 16 Yogyakarta dengan subjek penelitian guru Pendidikan Pancasila kelas VII, VIII, dan IX. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Proses implementasi penanaman karakter toleransi dalam pembelajaran pendidikan Pancasila di SMPN 16 Yogyakarta dipersiapkan dengan membuat modul ajar terlebih dahulu, pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru menerapkan metode pembelajaran ceramah dan diskusi kelompok, sebagai cara pengimplementasian karakter toleransi dengan mencampurkan berbagai sikap anak seperti yang rajin dengan yang lambat, yang artif berbicara dengan yang pendiam. Penggunaan media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik seperti lembar kerja/LKPD, LCD, gambar, video pengalaman, dan video inspiratif. Kemudian evaluasi dilakukan di akhir pembelajaran untuk dapat meninjau pemahaman peserta didik. 2. Faktor pendukung berasal dari ciri karakter pendidikan Pancasila itu sendiri, lingkungan sekolah, kebiasaan/budaya sekolah, dan peserta didik yang tidak fanatik; faktor penghambat dari penggunaan hp yang tidak tepat guna atau tidak bijak, pembiasaan di rumah, ketidakpedulian, dan latar belakang peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Implementasi, karakter toleransi, pendidikan pancasila
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 Jun 2024 01:09
Last Modified: 24 Jun 2024 01:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64395

Actions (login required)

View Item View Item