Maharani, Tessa Dwi (2024) Keefektifan konseling kelompok dengan teknik self management untuk mereduksi prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMKN 5 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000001023_JUDUL__240619101339.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000001023_BAB_I__240619101340.pdf Download (161kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000001023_BAB_II__240619101340.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000001023_BAB_III__240619101340.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000001023_BAB_IV__240619101340.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000001023_BAB_V__240619101340.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001023_DAFTAR_PUSTAKA__240619101340.pdf Download (212kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000001023_LAMPIRAN__240619101340.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah kecenderungan yang terus-menerus untuk melakukan penundaan dalam memulai atau menyelesaikan tugas akademik. Berdasarkan temuan yang diperoleh dari asesmen dan wawancara yang dilakukan dengan guru bimbingan dan konseling di SMKN 5 Yogyakarta, terdapat beberapa siswa menunjukkan tingkat perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi. Guru bimbingan dan konseling perlu pemberian layanan bimbingan dan konseling dalam menyelesaikan yang berkaitan dengan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan cognitive behaviour therapy dengan teknik self management untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMKN 5 Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian true eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 186 siswa kelas XI di SMKN 5 Yogyakarta. Pemilihan subjek penelitian ini menggunakan simple random sampling, diperoleh 10 siswa yang diidentifikasi memiliki perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi. Siswa tersebut dibagi menjadi setiap kelompok terdiri dari 5 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik self management, sedangkan kelompok kontrol diberi layanan konseling kelompok tanpa diberikan teknik khusus. Instrumen penelitian ini adalah skala prokrastinasi akademik yang dianalisis menggunakan rumus product moment yang menghasilkan 15 item pernyataan valid, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan rumus cronbach alpha menghasilkan 0,842. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 26.0.
Hasil penelitian dengan menggunakan Independent Samples T-test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,027 ˂ 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMKN 5 Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Konseling kelompok, prokrastinasi akademik, self management, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Jun 2024 08:37 |
Last Modified: | 22 Jun 2024 08:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64413 |
Actions (login required)
View Item |