Kusumaningrum, Farida (2024) Pengaruh penerapan pendekatan Teaching At the Right Level terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah Ngijon 1. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005014_JUDUL__240613061949.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005014_BAB_I__240613061949.pdf Download (218kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005014_BAB_II__240613061949.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005014_BAB_III__240613061949.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005014_BAB_IV__240613061949.pdf Restricted to Registered users only Download (774kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005014_BAB_V__240613061950.pdf Restricted to Registered users only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005014_DAFTAR_PUSTAKA__240613061950.pdf Download (224kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005014_LAMPIRAN__240613061950.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005014_NASKAH_PUBLIKASI__240613061950.pdf Download (359kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV dalam mata pelajaran matematika materi FPB dan KPK, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan eksperimen menggunakan pendekatan Teaching At The Right Level pada proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan Teaching At The Right Level berpengaruh pada kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal matematika kelas IV Sekolah Dasar.
Metode penelitian ini termasuk pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD Muhammadiyah Ngijon 1, kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa soal tes (pretest dan posttest), lembar observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji statitistik iferensial serta uji hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa posttest kemampuan berpikir kritis memperoleh aspek 1 memahami pertanyaan persentase 92%, aspek 2 membuat model persentase 89%, aspek 3 menyatakan penjelasan persentase 82% dan aspek 4 menyimpulkan persentase 61% dipengaruhi oleh penerapan pendekatan Teaching At The Right Level. Maka semakin tinggi hasil dari kemampuan berpikir kritis maka dapat dipengaruhi dari mengerjakan suatu permasalahan menggunakan pendekatan Teaching At The Right Level. Hasil tersebut diuji dengan uji-t sig (2-tailed) terlihat nilai signifikansi yang diperoleh posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil rata-rata posttest kelas eksperimen dengan pendekatan TaRL adalah 81,5 atau 82% kategori baik. Sedangkan untuk rata-rata posttest kelas kontrol pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 76 atau 76% dan dikategorikan cukup. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran konvensional lebih rendah dibanding dengan penerapan pendekatan TaRL yang dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal matematika kelas IV sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendekatan TaRL, kemampuan bepikir kritis, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 01:17 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:17 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64430 |
Actions (login required)
View Item |