Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD N 3 Lamuk Wonosobo

Fika, Rani Rahma (2024) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika siswa kelas V SD N 3 Lamuk Wonosobo. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000005125_JUDUL__240613104546.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000005125_BAB_I__240613104546.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000005125_BAB_II__240613104546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000005125_BAB_III__240613104546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000005125_BAB_IV__240613104546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000005125_BAB_V__240613104546.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005125_DAFTAR_PUSTAKA__240613104547.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000005125_LAMPIRAN__240613104547.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000005125_NASKAH_PUBLIKASI__240613104547.pdf

Download (553kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam rendahnya kemampuan bepikir kreatif siswa Kelas V SD N 3 Lamuk, Wonosobo disebabkan penerapan konsep pembelajaran yang masih berpusat pada guru, sehingga kurang optimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Pendekatan diferensiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar siswa berdasarkan gaya belajarnya yang digunakan oleh peneliti belum pernah diterapkan di sekolah tersebut sehingga dengan adanya pendekatan berdiferensiasi pembelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan peningkatan setiap aspek indikator kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SD N 3 Lamuk, Wonosobo melalui pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika.
Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan MC Taggart. Subjek penelitian yang digunakan adalah 15 siswa kelas V SD N 3 Lamuk, Wonosobo. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data berupa tes tertulis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran matematika khususnya materi pecahan dan analisis lembar observasi guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan pendekatan diferensiasi dalam pembelajaran matematika, terjadi peningkatan ketercapaian setiap aspek kemampuan berpikir kreatif. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran telah mencapai kriteria sangat baik dan baik sehingga berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah pada pembelajaran matematika yakni meliputi: (a) Fluency dari pre-test 1 dengan persentase 41,67% dalam kategori cukup kreatif meningkat pada post-test 1 sebesar 58,33% kemudian pada pre-test 2 meningkat sebesar 61,67% mengalami peningkatan sebesar 83,33% pada post-test 2 dengan kriteria sangat kreatif. (b) Flexibility terjadi peningkatan dari pre-test 1 dengan persentase 36,67% dalam kategori kurang kreatif meningkat pada post-test 1 sebesar 56,67% kemudian pada pre-test 2 meningkat sebesar 58,33% mengalami peningkatan sebesar 80% pada post-test 2 dengan kriteria kreatif. (c) Originality terjadi peningkatan dari pre-test 1 dengan persentase 31,67% dalam kategori kurang kreatif meningkat pada post-test 1 sebesar 46,67% kemudian pada pre-test 2 meningkat sebesar 48,33% mengalami peningkatan sebesar 65% pada post-test 2 dengan kriteria kreatif. (d) Elaboration terjadi peningkatan dari pre-test 1 dengan persentase 21,67% dalam kategori kurang kreatif meningkat pada post-test 1 sebesar 46,67% kemudian pada pre-test 2 meningkat sebesar 50% mengalami peningkatan sebesar 71,67% pada post-test 2 dengan kriteria kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kemampuan berpikir kreatif, pecahan, SD kelas V, pembelajaran berdiferensiasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 Jun 2024 08:48
Last Modified: 20 Jun 2024 08:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64433

Actions (login required)

View Item View Item