Pengembangan bibliokonseling bermuatan ajaran Buya Hamka untuk meningkatkan kedamaian siswa di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Murti, Jagad Ari (2024) Pengembangan bibliokonseling bermuatan ajaran Buya Hamka untuk meningkatkan kedamaian siswa di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001056_JUDUL__240614032533.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001056_BAB_I__240614032533.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001056_BAB_II__240614032533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001056_BAB_III__240614032533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001056_BAB_IV__240614032533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001056_BAB_V__240614032533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001056_DAFTAR_PUSTAKA__240614032533.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001056_LAMPIRAN__240614032533.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kedamaian adalah suatu kondisi aman dan tenang yang terbebas dari segala gangguan, bebas dari permusuhan, rasa kebencian, rasa dendam, dan segala perilaku yang menyusahkan orang lain. Melihat pernyataan tersebut dibutuhkan layanan untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kedamaian yaitu layanan bimbingan kelompok dengan teknik bibliokonseling, melalui bibliokonseling siswa dapat membantu siswa dalam mengkaji, menelaah, mendalami perasaan dan perbuatannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keberterimaan bibliokonseling bermuatan ajaran Buya Hamka untuk meningkatkan kedamaian siswa SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development), bertujuan untuk menghasilkan suatu produk yang dilalui dengan berbagai macam proses pengembangan. Metode ini menggunakan model Borg and Gall sampai tahap ke lima yaitu revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala kedamaian dan pedoman wawancara. Instrumen penelitian menggunakan instrumen penilaian uji validasi skala, uji ahli materi, uji ahli media, dan uji ahli layanan dengan bantuan SPPS. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini yaitu 160 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan skala kedamaian yang telah diuji validitas dan reliabilitas sebanyak 26 item dan 9 item wawancara terbuka. Kemudian teknik analisis data yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil dan pengembangan, maka dapat disimpulkan bahwa buku bibliokonseling bermuatan ajaran Buya Hamka untuk meningkatkan kedamaian siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta memiliki keberterimaan berdasarkan uji ahli materi, uji ahli media, uji ahli layanan. Dari hasil ketiga uji validasi tersebut menyatakan bahwa (a) Uji validasi materi mendapatkan nilai 85 termasuk dalam kategori sangat baik (b) Uji validasi media mendapatkkan nilai 81,25 termasuk dalam kategori sangat sangat baik (c) Uji validasi layanan mendapatkan nilai 78,12 termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan itu peneliti harap pengembangan bibliokonseling bermuatan ajaran Buya Hamka dapat memberikan kontribusi dengan menyediakan metode, alat yang membantu guru bimbingan dan konseling memberikan layanan bimbingan dan konseling.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Kedamaian, bibliokonseling, Buya Hamka
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 Jun 2024 06:12
Last Modified: 20 Jun 2024 06:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64453

Actions (login required)

View Item View Item