Ridwansyah, Muhammad Arkaan (2024) Perbaikan proses bisnis pada layanan pengajuan dana di BIMAWA UAD menggunakan Business Process Improvement (BPI). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700016072_JUDUL__240623122542.pdf Download (532kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700016072_BAB_I__240623122542.pdf Download (152kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700016072_BAB_II__240623122542.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700016072_BAB_III__240623122543.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700016072_BAB_IV__240623122543.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700016072_BAB_V__240623122543.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700016072_DAFTAR_PUSTAKA__240623122543.pdf Download (144kB) |
Abstract
Biro Kemahasiswaan dan Alumni (BIMAWA) merupakan biro yang menangani seluruh bidang akademik kemahasiswaan dan alumni sebagai Biro Layanan Mahasiswa. Terdapat empat bidang di Bimawa untuk membantu pelayanan dan alumni UAD salah satunya pelayanan dalam pengajuan dana di web SIMKATMUDA.Pengajuan dana merupakan salah satu layanan yang berada di web SIMKATMUDA untuk membantu dalam proses pencairan dana. Proses bisnis yang berjalan pada proses pengajuan dana masih kurang efektif sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada pada proses pelayanan pengajuan dana masih sedikit. Process Landscape Model untuk mengidentifikasi proses utama dan proses pendukung dan dilakukannya analisis permasalahan menggunakan Root Cause Analysis (RCA) dengan menggunakan tekhnik fishbone diagram. Setelah ditemukannya akar pemasalahan akan dilakukan perbaikan dengan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI). Diakhir tahapan dilakukannya perbandingan antara proses bisnis saat ini dan proses bisnis rekomendasi menggunakan perangkat lunak Bizagi Modeller dengan melakukan simulasi Time Analysis dan Resource Analysis. Hasil dari analisis terdapat 3 faktor permasalahan yaitu Staff, Sistem dan Mahasiswa. Setelah ditemukan permasalahan dilakukannya perbaikan proses bisnis dengan tools streamlining dari Business Process Improvement (BPI). Lalu diakhir tahapan dilakukannya simulasi Time Analysis dan Resource Analysis. Time Analysis menghasilkan selisih waktu antara proses bisnis saat ini dan proses rekomendasi. Selisih waktu Average 3d 20h 1m 40s dengan presentase 37,39%. Resource Analysis menghasilkan perubahan Utilization pada Admin Simkatmuda sebesar 15,98 % dari yang awalnya 35,42% menjadi 19.44%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | BPI, BPMN, BIMAWA, SIMKATMUDA, RCA, process landscape model, fishbone |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Information System (S1-Sistem Informasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:08 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:08 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64555 |
Actions (login required)
View Item |