Alghiffari, Eka Kevin (2024) Pengembangan e-modul materi pola bilangan berbasis Ethno-RME yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah siswa. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207050015_JUDUL__240623075343.pdf Download (659kB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207050015_BAB_I__240623075343.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207050015_BAB_II__240623075343.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207050015_BAB_III__240623075343.pdf Restricted to Registered users only Download (448kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207050015_BAB_IV__240623075343.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207050015_BAB_V__240623075343.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050015_DAFTAR_PUSTAKA__240623075343.pdf Download (277kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207050015_LAMPIRAN__240623075134.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan e-modul materi Pola Bilangan Berbasis Ethno-RME yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian Design Research dengan tipe Delevopment Studies yang terdiri dari dua tahapan yaitu tahap Preliminary dan Formative Evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar instrument penilaian kualitas produk oleh ahli materi dan media, lembar instrument respon peserta didik, dan instrument tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan uji validitas, e-modul materi pola bilangan berbasis Ethno-RME yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah termasuk dalam kategori “Baik” dari segi materi dengan rata-rata skor 102 dan termasuk kategori “Sangat Baik” dari segi media dengan rata-rata skor 78,5. Berdasarkan hasil uji validitas tersebut e-modul dinyatakan memenuhi kriteria kevalidan. Berdasarkan hasil respon siswa pada tahap small group, e-modul yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 88,55 dengan kategori “Baik” dan hasil respon siswa pada tahap field test, e-modul memperoleh skor rata-rata 89,55 dengan kategori “Baik”. Berdasarkan instrument respon siswa, e-modul dinyatakan memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil post-test kemampuan pemecahan masalah memperoleh rata-rata skor 74,37. Hasil post-test ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis Ethno-RME memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Pengembangan, e-modul, Ethno-RME, pola bilangan, pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 06:09 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 06:09 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64558 |
Actions (login required)
View Item |