Analisis pengaruh entrepeneur mindset, modal usaha, dan digital marketing terhadap kinerja UMKM di Kota Yogyakarta

Saputra, Adhitya Chandra (2024) Analisis pengaruh entrepeneur mindset, modal usaha, dan digital marketing terhadap kinerja UMKM di Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000019177_JUDUL__240622040712.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000019177_BAB_I__240622040712.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000019177_BAB_II__240622040712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000019177_BAB_III__240622040712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000019177_BAB_IV__240622040712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000019177_BAB_V__240622040712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000019177_DAFTAR_PUSTAKA__240622040712.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000019177_LAMPIRAN__240622040712.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dalam perekonomian masyarakat. Keberlangsungan hidup dan kesiapan pelaku UMKM dalam bersaing dengan kinerja tinggi sangat diperlukan bagi pertumbuhan UMKM di Indonesia terutama di Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta merupakan suatu daerah yang memiliki jumlah umkm paling sedikit dibandingakan dengan daerah-daerah lain yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta sedangkan Kota Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki banyak objek wisata, harusnya ketika objek wisata banyak maka pertumbuhan jumlah UMKM juga ikutan banyak. Ketidakstabilan dalam kinerja menjadi salah satu persoalan yang dihadapi pelaku UMKM di sektor kuliner.
Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling, ukuran sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan jumlah 100 responden. Dalam Penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penyebaran kuesioner. Teknik pengolahan penelitian ini menggunakan Software SPSS dengan metode regresi linear berganda untuk menghitung dan analisis data.
Penelitian ini menunjukkan bahwa Entrepreneur Mindset berpengaruh signifikan secara positif terhadap kinerja UMKM karena Entrepreneur Mindset dapat meningkatkan pola pikir pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya. Modal usaha berpengaruh signifikan secara positif terhadap kinerja UMKM karena modal usaha dapat mendorong peningkatan kinerja UMKM. Digital marketing berpengaruh signifikan secara positif terhadap kinerja UMKM karena digital marketing dapat memberikan informasi terhadap sebuah produk UMKM. Mendapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,326 hal ini menujukkan bahwa 32,6% variabel Kinerja UMKM dapat dijelaskan oleh variabel independent, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya seperti pajak, literasi keuangan

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Digital marketing; entrepeneur mindset; kinerja; modal usaha; UMKM
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 20 Jul 2024 04:56
Last Modified: 20 Jul 2024 04:56
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64581

Actions (login required)

View Item View Item