Sagita, Artha Titi (2024) Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila tema kearifan lokal di SD Muhammadiyah Karangwaru. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005278_JUDUL__240622022410.pdf Download (13MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005278_BAB_I__240622022411.pdf Download (190kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005278_BAB_II__240622022411.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005278_BAB_III__240622022411.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005278_BAB_IV__240622022411.pdf Restricted to Registered users only Download (676kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005278_BAB_V__240622022411.pdf Restricted to Registered users only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005278_DAFTAR_PUSTAKA__240622022411.pdf Download (217kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005278_LAMPIRAN__240622022411.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kearifan lokal menjadi sebuah investasi penting dalam pendidikan untuk ditanamkan kepada peserta didik dengan tujuan melestarikan dan meningkatkan rasa cinta budaya lokal agar tidak kehilangan identitas diri bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal di SD Muhammadiyah Karangwaru.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian melibatkan kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas dan peserta didik. Objek dalam penelitian yaitu Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal di SD Muhammadiyah Karangwaru. Keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila disusun oleh tim kurikulum. Pelaksanaan Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema kearifan lokal di SD Muhammadiyah Karangwaru mengusung tema Tradisional Favoritku. Hal tersebut bertujuan untuk mengenalkan generasi peserta didik terhadap hal-hal yang berkaitan dengan budaya tradisional terkhusus batik dan makanan tradisional. Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan rubrik penilaian. Faktor pendukung dalam pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema kearifan lokal di SD Muhammadiyah Karangwaru adalah antusiasme peserta didik, guru profesional, dukungan wali murid dan materi yang familiar dengan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tema kearifan lokal di SD Muhammadiyah Karangwaru adalah dana.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Profil pelajar pancasila, kearifan lokal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 04:35 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64586 |
Actions (login required)
View Item |