Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS 6 untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan pada materi bangun ruang sisi datar

Nurwanto, Widya Abi (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika interaktif dengan menggunakan Adobe Flash CS 6 untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan pada materi bangun ruang sisi datar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1700006063_JUDUL__240622115504.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1700006063_BAB_I__240622111213.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1700006063_BAB_II__240622111213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1700006063_BAB_III__240622111213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1700006063_BAB_IV__240622111213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1700006063_BAB_V__240622111213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
T1_1700006063_BAB_VI__240622111213.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1700006063_DAFTAR_PUSTAKA__240622111213.pdf

Download (348kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sering dianggap sulit untuk dipelajari oleh peserta didik. Akan tetapi matematika juga merupakan mata pelajaran yang penting untuk dipelajari oleh peserta didik di Indonesia. Matematika memiliki cabang ilmu yang bermacam-macam salah satunya adalah geometri. Geometri adalah bagian dari matematika yang membahas mengenai titik, garis, bidang, dan ruang. Salah satu materi geometri yang sering dijumpai pada pelajaran yaitu bangun ruang sisi datar. Materi tersebut dianggap sulit oleh peserta didik karena perlu memvisualisasikan bangun ruang tersebut. Terlebih lagi bangun yang dipelajari tidak hanya dua dimensi namun juga tiga dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media pembelajaran matematika mengunakan Adobe Flash CS 6 pada materi bangun ruang sisi datar, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran matematika menggunakan Adobe Flash CS 6 pada materi bangun ruang sisi datar.
Penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP N 1 Banguntapan. Instrumen dalam pengambilan penilaian menggunakan angket penilaian ahli media, angket penilaian ahli materi dan penilaian angket respon peserta didik. Teknis analisis data pada penelitian ini dilakukan secara kuantitatif untuk menghitung skor presentase kelayakan dari media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti.
Hasil dalam penelitian pengembangan media pembelajaran matematika interaktif pada materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Banguntapan berdasarkan kualitas media pembelajaran dari ahli media dalam kategori sangat baik dengan presentase 86,7 %, dari ahli materi dalam kategori sangat baik dengan presentase 85,0 %, respon peserta didik kelas kecil dalam kategori sangat menarik dengan presentase 83,7% dan respon peserta didik kelas besar dalam kategori sangat menarik dengan presentase 84,0 % sehingga media pembelajaran matematika interaktif pada materi bangun ruang sisi datar yang peneliti kembangkan ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Media pembelajaran, adobe flash, geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:12
Last Modified: 17 Jul 2024 01:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64596

Actions (login required)

View Item View Item