Tantri, Ni Masnilam (2024) Klasifikasi emosional tokoh dalam novel Rasa karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar teks novel di SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000003078_JUDUL__240622120538.pdf Download (883kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000003078_BAB_I__240622120538.pdf Download (241kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000003078_BAB_II__240622120538.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000003078_BAB_III__240622120538.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000003078_BAB_IV__240622120538.pdf Restricted to Registered users only Download (423kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000003078_BAB_V__240622120538.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000003078_DAFTAR_PUSTAKA__240622120538.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (Lampiran)
T1_2000003078_LAMPIRAN__240622120538.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_2000003078_NASKAH_PUBLIKASI__240622120538.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh novel Rasa karya Tere Liye yang menceritakan konflik tokoh yang merupakan sekumpulan siswa SMA. Emosi memegang peranan penting dalam kehidupan seseorang. Memahami berbagai emosi diharapkan dapat menghadirkan perilaku yang positif yakni seseorang dapat mengatur dan mengendalikan emosi dengan tepat. Adapun, tujuan penelitian ini yakni sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan klasifikasi emosional dalam tokoh novel Rasa karya Tere Liye, dan (2) Mendeskripsikan kesesuain novel Rasa karya Tere Liye sabagai alternatif bahan ajar teks novel di SMA.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel Rasa karya Tere Liye sedangkan objek penelitian ini dirumuskan menjadi dua, yakni sebagai berikut: (1) Klasifikasi emosional dalam tokoh novel Rasa karya Tere Liye. (2) Novel Rasa karya tere Liye dapat dijadikan alternatif bahan ajar teks novel di SMA. Metode pengumpulan data menggunakan metode deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data berupa teknik baca dan teknik catat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah human instrument dan alat bantu kartu data. Teknik analisis data menggunakan analisis isi berupa, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menekankan pendekatan tekstual. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) emosi yang dialami para tokoh yaitu emosi konsep rasa bersalah, rasa bersalah yang dipendan, menghukum diri sendiri, rasa malu, kesedihan, kebencian, cinta, hasil penelitian lain yang ditemukan yaitu klasifikasi emosional yang paling banyak terletak pada tokoh utama yang bernama Linda serta bentuk emosi yang paling menonjol berupa kesedihan dan kebencian. Kesedihan dan kebencian Linda terutama tentang konflik keluarganya selingga hal tersebut membuat Lin dapat berdamai dengan keadaan serta dapat melanjutkan kehidupannya tanpa ada rasa kebencian. (2) novel Rasa karya Tere Liye dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA karena sesuai dengan kriteria pemilihan bahan ajar menurut Rahmanto dan sesuai dengan kurikulum merdeka fase F.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Psikologi sastra, emosi, novel rasa, bahan ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 Jul 2024 01:52 |
Last Modified: | 24 Jul 2024 01:52 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64601 |
Actions (login required)
View Item |