Sunarwi, Bagas (2024) Penentuan prioritas strategi Nitikusala Coffee Shop menggunakan metode SWOT dan QSPM Studi Kasus di Nitikusala Coffee Shop. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900019191_JUDUL__240620110122.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900019191_BAB_I__240620110123.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900019191_BAB_II__240620110123.pdf Restricted to Registered users only Download (945kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900019191_BAB_III__240620110123.pdf Restricted to Registered users only Download (871kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900019191_BAB_IV__240620110123.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900019191_BAB_V__240620110123.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900019191_DAFTAR_PUSTAKA__240620110123.pdf Download (922kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900019191_LAMPIRAN__240620110124.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Nitikusala Coffee Shop merupakan salah satu kedai kopi yang berada di Yogyakarta. Banyaknya kedai kopi di Yogyakarta membuat persaingan dunia usaha kedai kopi semakin ketat yang mengakibatkan omzet Nitikusala Coffee Shop menurun, menurunnya omzet Nitikusala Coffee Shop juga di pengaruhi oleh COVID-19, namun setelah COVID-19 berlalu dan sudah dikatakan new normal, bisnis Nitikusala Coffee Shop tak kunjung pulih yang menyebabkan omzet Nitikusala Coffee Shop tetap menurun hingga 50% sehingga membuat target belum tercapai. Selain itu, harga sewa tanah yang naik pertahunnya juga mempengaruhi omzet Nitikusala Coffee Shop, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi dan menentukan prioritas strategi yang sesuai dengan kondisi Nitikusala Coffee Shop.
Metode yang digunakan untuk merumuskan strategi Nitikusala Coffee Shop yaitu menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara yaitu observasi, dokumentasi, wawancara dan kuisoner melalui owner Nitikusala Coffee Shop. Dalam merumuskan strategi SWOT perlu mengetahui dan mengacu pada posisi atau keadaan perusahaan melalui Matriks IE, kemudian setelah didapatkan stratergi dari analisis SWOT dilakukan analisis QSPM untuk memprioritaskan strategi yang sesuai dengan kondisi Nitikusala Coffee Shop.
Berdasarkan hasil analisis SWOT yang menunjukkan kuadran V pada Matriks IE yaitu pertumbuhan yang artinya “Hold” dan “Maintain” yang mengacu pada penetrasi pasar dan pengembangan produk didapatkan tujuh strategi, kemudian dari tujuh strategi dilakukan analisis QSPM untuk memprioritaskan strategi dihasilkan, yaitu (1) melakukan penjualan secara online dan offline dan meningkatkan promosi di media sosial untuk menunjang usaha Nitikusala Coffee Shop, (2) memberikan pelatihan karyawan dalam melayani pelanggan serta menjaga kualitas dan cita rasa produk, (3) selalu menjaga varian minuman tersedia serta menambah varian minuman dengan tetap memperhatikan kualitas dan cita rasa produk. Hasil riset ini bermanfaat bagi perusahaan untuk keberlanjutan bisnis Nitikusala Coffee Shop.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi, SWOT, QSPM, matriks IFE dan EFE, coffee shop |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 25 Jun 2024 02:46 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 02:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64679 |
Actions (login required)
View Item |