Keefektifan teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling kelompok untuk mereduksi test anxiety pada peserta didik SMP Negeri 3 Godean

Rostiawan, Fitra Fajar (2024) Keefektifan teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling kelompok untuk mereduksi test anxiety pada peserta didik SMP Negeri 3 Godean. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000001100_JUDUL__240622122758.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000001100_BAB_I__240622122758.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000001100_BAB_II__240622122758.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000001100_BAB_III__240622122758.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000001100_BAB_IV__240622122758.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000001100_BAB_V__240622122758.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000001100_DAFTAR_PUSTAKA__240622122758.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000001100_LAMPIRAN__240622122758.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Test anxiety mengacu pada serangkaian respon fenomenologis, fisiologis, dan perilaku yang menyertai kekhawatiran tentang kemungkinan konsekuensi negatif atau kegagalan pada ujian atau situasi yang bersifat evaluatif. Test anxiety yang dialami oleh peserta didik ditandai dengan ambang respons yang sangat rendah untuk kecemasan dalam situasi evaluatif dan cenderung melihat situasi tes sebagai ancaman pribadi. Mereka cenderung bereaksi dengan kekhawatiran yang luas, mental disorganisasi, ketegangan, dan gairah fisiologis ketika terkena situasi yang bersifat evaluasi. Mengingat dampak yang ditimbulkan dari test anxiety, perlu adanya upaya untuk mengatasi kondisi tersebut oleh pihak-pihak yang profesional terutama di lingkungan sekolah, yaitu oleh guru BK. Dilakukan pretest skala test anxiety pada peserta didik kelas VIII A dan VIII B SMP Negeri 3 Godean tahun ajaran 2023/2024. Diketahui dari 64 peserta didik yang mengikuti pretest, terdapat 11 peserta didik (17%) yang termasuk kategori rendah, 48 peserta didik (75%) yang termasuk kategori sedang, dan 5 peserta didik (8%) yang termasuk kategori tinggi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik cognitive restructuring dalam mereduksi test anxiety pada peserta didik SMP Negeri 3 Godean.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A - VIII D SMP Negeri 3 Godean tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 128 peserta didik. Subjek penelitian yang diambil sebanyak 7 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring dilakuakan sebanyak 4 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan skala TAI-G. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas instrument menggunakan internal consistency, serta uji hipotesis menggunakan paired sample t-test dengan bantuan SPSS karena data berdistribusi normal.
Berdasarkan analisis penelitian, diketahui adanya perubahan skor rata-rata tingkat test anxiety pada peserta didik sebelum dan dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring, yaitu dari nilai rata-rata 102,3 menjadi 71,4. Hasil uji paired t-test menunjukkan nilai t tabel < t hitung yaitu 2,447 < 9,890. Dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang menunjukkan adanya keefektifan layanan konseling kelompok teknik cognitive restructuring dalam mereduksi test anxiety pada peserta didik SMP Negeri 3 Godean.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Test anxiety, konseling Kelompok, cognitive restructuring
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 27 Jun 2024 07:24
Last Modified: 27 Jun 2024 07:24
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64729

Actions (login required)

View Item View Item