Alam, Sri Rahayu (2024) Remediasi miskonsepsi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dengan strategi Role-Play berbasis RME. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T2_2207050010_JUDUL__240624025236.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T2_2207050010_BAB_I__240624025236.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB II)
T2_2207050010_BAB_II__240624025237.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T2_2207050010_BAB_III__240624025237.pdf Restricted to Registered users only Download (860kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T2_2207050010_BAB_IV__240624025237.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T2_2207050010_BAB_V__240624025237.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T2_2207050010_DAFTAR_PUSTAKA__240624025237.pdf Download (344kB) |
|
Text (Lampiran)
T2_2207050010_LAMPIRAN__240624025237.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran dengan strategi role-play berbasis Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika, khususnya pada konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan strategi ini secara signifikan mengurangi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep PLSV pada peserta didik. Penelitian ini menerapkan tiga prinsip utama RME, yaitu Guided Reinvention, Didactical Phenomenology, dan Mediating Models. Pada prinsip Guided Reinvention, pembelajaran diarahkan melalui bimbingan intensif guru, memastikan peserta didik memperoleh dukungan yang diperlukan untuk memahami masalah, membangun model matematika, mencari nilai variabel, dan memverifikasi hasil. Prinsip Didactical Phenomenology mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata, membantu peserta didik menggeneralisasi konsep kesetaraan dan memahami aplikasi PLSV dalam berbagai konteks, sehingga mengurangi miskonsepsi tipe Undergeneralization. Prinsip Mediating Models memungkinkan peserta didik untuk menemukan pola dari model matematika yang dibuat, membantu memahami bentuk umum PLSV dan menghindari miskonsepsi tipe Prototyping Error. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi role-play berbasis RME dapat mengurangi berbagai jenis miskonsepsi PLSV yang dialami peserta didik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Keyword: | Miskonsepsi, role-play, Realistic Mathematics Education |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 02:46 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 02:46 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64745 |
Actions (login required)
View Item |