Analisis pengaruh penggunaan Digital Platform, Literasi Keuangan, dan Brand Image terhadap keputusan penggunaan bank syariah pada generasi Z dengan metode analisis Structural Equation Modelling

Pangestu, Ajeng Dwi Putri (2024) Analisis pengaruh penggunaan Digital Platform, Literasi Keuangan, dan Brand Image terhadap keputusan penggunaan bank syariah pada generasi Z dengan metode analisis Structural Equation Modelling. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000032055_JUDUL__240624023441.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000032055_BAB_I__240624112553.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000032055_BAB_II__240624112553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000032055_BAB_III__240624112553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000032055_BAB_IV__240624112553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000032055_BAB_V__240624112553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000032055_DAFTAR_PUSTAKA__240624112553.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000032055_LAMPIRAN__240624112553.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Penggunaan Digital Platform, Brand Image, dan Literasi Keuangan terhadap keputusan generasi Z pada penggunaan bank syariah. Dan menganalisis mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan generasi Z pada penggunaan bank syariah.
Objek penelitian pada penelitian ini adalah generasi Z pengguna bank syariah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada Penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner secara online dengan sampel 100 responden generasi Z yang menjadi nasabah Bank Syariah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dihitung dengan menggunakan rumus lameshow berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis model pengukuran (outer model), uji reliabilitas, analisis model structural (Inner Model), dan uji hipotesis. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS- SEM) dengan aplikasi Smart PLS versi 4.1.0.2.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan digital platform berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan generasi Z pada penggunaan bank syariah, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan generasi Z pada penggunaan bank syariah, dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan generasi Z pada penggunaan bank syariah. Faktor- faktor yang berpengaruh pada keputusan generasi Z dalam menggunakan bank syariah jika dimanfaatkan dengan baik dalam perkembangan bank syariah dapat memberi dampak positif terhadap bank syariah.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Digital platform, brand image, literasi keuangan, PLS-SEM
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-islamic banking(perbankan syariah)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:43
Last Modified: 17 Jul 2024 07:43
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64819

Actions (login required)

View Item View Item