Zainal, Zainal (2024) Pembelajaran hadis di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700027046_JUDUL__240624025920.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700027046_BAB_I__240624022047.pdf Download (317kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700027046_BAB_II__240624022047.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700027046_BAB_III__240624022048.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700027046_BAB_IV__240624022048.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700027046_BAB_V__240624022048.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700027046_DAFTAR_PUSTAKA__240624022048.pdf Download (181kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700027046_LAMPIRAN__240624024948.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
Abstract
Studi hadis memberikan siswa pengetahuan tentang ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW dan memungkinkan mereka menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Hadis memiliki peran penting dalam pengembangan pemahaman keagamaan dan spiritualitas siswa di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Oleh karena itu, sumber utama penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V Aliyah di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta dengan tujuan untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran hadis di lembaga tersebut. Desain penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa kurikulum pendidikan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah menggunakan Kurikulum Terpadu, yaitu dengan penggabungan penggunaan Kurikulum Kemendiknas, Kurikulum Kemenag, dan Kurikulum Pesantren dalam perencanaan pembelajaran hadis. Dengan menggunakan model Problem Based Learning adalah teknik yang diadopsi untuk mencapai tujuan pembelajaran secara tepat sasaran, terarah, sistematis, dan efisien. Melalui model ini, siswa diajak untuk berpikir kritis dan terampil dalam menyelesaikan masalah. Persiapan yang dilakukan untuk model ini mencakup penggunaan fasilitas yang mendukung agar siswa dapat mengembangkan keterampilan kritis dalam menyelesaikan masalah serta lebih aktif dan menghargai proses pembelajaran. Metode PBL (Problem Based Learning) dengan pendekatan Talaqqi, Tafhim, dan Takrar terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, kemampuan menghafal, dan penerapan nilai-nilai hadis dalam kehidupan mereka. Pada tahap Talaqqi, siswa mendengarkan pembacaan hadis oleh guru dan mengulanginya untuk mencapai kefasihan. Pada tahap Tafhim, siswa diberikan penjelasan mendalam tentang makna hadis dan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari. Sementara pada tahap Takrar, siswa mengulang hafalan hadis untuk meningkatkan daya ingat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Hadis, pembelajaran, Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > S1-Hadith Interpretation (S1-Tafsir Hadith) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 06:41 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 06:41 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64826 |
Actions (login required)
View Item |