Isnanabila, Isnanabila (2024) Kreativitas siswa kelas 1 dalam pembelajaran seni rupa kolase menggunakan media cangkang telur di MI Al-Ikhwan Pekanbaru Riau. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700005092_JUDUL__240624094627.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700005092_BAB_I__240624094627.pdf Download (294kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700005092_BAB_II__240624094627.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700005092_BAB_III__240624094627.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700005092_BAB_IV__240624094628.pdf Restricted to Registered users only Download (832kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700005092_BAB_V__240624094628.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700005092_DAFTAR_PUSTAKA__240624094628.pdf Download (177kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700005092_LAMPIRAN__240624094628.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minat siswa pada pembelajaran seni rupa. Dengan pembelajaran seni rupa siswa dapat mengekspresikan diri dan imajinasinya dalam sebuah karya seni rupa. Penemuan di sekolah guru hanya menggunakan media yang sama. Maka dari itu dibutuhkan media lain sebagai sarana alternatif untuk memberikan pengalaman serta membantu mengembangkan kreativitas seni rupa kolase pada pembelajaran seni rupa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kreativitas siswa kelas 1 dalam pembelajaran seni rupa kolase menggunakan media cangkang telur di MI Al-Ikhwan Pekanbaru Riau.
Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas 1 MI Al-Ikhwan Pekanbaru Riau. Pengumpuan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tenik analisis data model Miles dan Hubermen. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data. Reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan.
Hasil penelitian ini (1) Perencanaan kreativitas berfokus pada perangkat pembelajaran yaitu modul ajar. Guru membuat tujuan pelajaran yaitu siswa mampu mengenali bentuk dasar geometris/non geometris untuk membuat gambar atau kolase, strategi pembelajaran yaitu model project based learning, dan menentukan sumber daya yang akan digunakan untuk mendukung kreativitas siswa. (2) Pelaksanaan kreativitas telah dilaksanakan dengan baik. Siswa mengikuti sumua arahan guru untuk menumbuhkan kreativitas dalam membuat karya kolase cangkang telur. Siswa menuangkan kreativitasnya dalam sebuah karya kolase yang dikerjakan serapih mungkin dengan memadukan tekstur dan warna cangkang telur agar menjadi kolase cangkang telur yang indah. (3) Evaluasi kreativitas siswa,guru memberikan nilai pada karya kolase cangkang telur siswa sesuai kategorinya masing-masing. Guru membedakan hasil karya kolase dilihat dari kerapihan siswa menempel dan mengombinasikan tekstur warna dari cangkang telur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | kreativitas, kolase, cangkang telur, MI A-Ikhwan Pekanbaru Riau |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 01:38 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 01:38 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64844 |
Actions (login required)
View Item |