Sari, Ridhani Yohana (2024) Pola asuh orang tua dalam membentuk karakter integritas anak kelas I SD Luqman Al Hakim. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1800005159_JUDUL__240625121608.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1800005159_BAB_I__240624023232.pdf Download (199kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1800005159_BAB_II__240624023232.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1800005159_BAB_III__240624023232.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1800005159_BAB_IV__240624023232.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1800005159_BAB_V__240624023232.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800005159_DAFTAR_PUSTAKA__240624023232.pdf Download (407kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1800005159_LAMPIRAN__240624023232.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800005159_NASKAH_PUBLIKASI__240624023233.pdf Download (244kB) |
Abstract
Orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak selaku peserta didik di sekolah, pola asuh yang diterapkan oleh setiap orang tua yang berbeda akan membentuk karakter anak yang berbeda pula namun realitanya masih terdapat orangtua yang belum memaksimalkan pola asuh dalam membentuk karakter anak kelas 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam membentuk karakter anak kelas I di SD IT Luqman Al Hakim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan teknik. Analisis data berisikan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam membentuk karakter integritas anak terdapat beberapa pola asuh yang digunakan oleh para orang tua. Pola asuh tersebut yaitu pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis. Berdasarkan pola asuh tersebut, yang paling tepat untuk diterapkan oleh setiap orang tua adalah pola asuh demokratis. Pola asuh demokratis dinilai lebih baik karena mengedepankan komunikasi yang baik serta kebebasan berpendapat bagi anak. Cara yang dilakukan orang tua dengan pola asuh demokratis dalam membentuk karakter integritas adalah dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk berbicara dan berpendapat sehingga dapat membentuk kejujuran, tanggung jawab, dan hormat-menghormati yang lebih tua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Penanaman karakter, karakter integritas, anak kelas 1 SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 01:24 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 01:24 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64854 |
Actions (login required)
View Item |