Asidik, Windi Aprilia (2024) Pengembangan media komik menggunakan aplikasi android Kodular pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006011_JUDUL__240625013322.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006011_BAB_I__240624031316.pdf Download (472kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006011_BAB_II__240624031316.pdf Restricted to Registered users only Download (847kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006011_BAB_III__240624031316.pdf Restricted to Registered users only Download (574kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006011_BAB_IV__240624031316.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006011_BAB_V__240624031316.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006011_DAFTAR_PUSTAKA__240624031316.pdf Download (426kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006011_LAMPIRAN__240624031316.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu pendukung kemajuan suatu bangsa terhadap sumber daya manusia (Septian, 2019). Peranan pendidikan dalam mempersiapkan dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing secara sehat juga memiliki rasa kebersamaan dengan sesama manusia (Alpian, 2019). Oleh karena itu, dengan memberikan akses pendidikan yang baik,
bangsa dapat menghasilkan SDM yang berkualitas, memiliki pengetahuan yang luas, keterampilan yang relevan serta nilai-nilai dan sikap yang positif yang semuanya menjadi fondasi untuk kemajuan dan kesuksesan suatu bangsa.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media komik menggunakan aplikasi android kodular untuk peserta didik kelas X pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV), (2) Mengetahui kevalidan dan kepraktisan aplikasi media komik untuk peserta didik kelas X pada materi SPLTV.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Sebelum melakukan uji coba terhadap peserta didik, terdapat tahap validasi yaitu validasi materi dan validasi media yang digunakan untuk mengetahui kevalidan produk. Dalam penelitian ini terdapat dua tahap uji coba yaitu uji coba kelas kecil dan uji coba kelas besar. Uji coba dilakukan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis
deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor 59 dari ahli materi dengan kategori baik, dan diperoleh rata-rata skor 76,5 dari ahli media dengan kategori baik. Sedangkan hasil uji coba kelas kecil diperoleh skor 68,5 dengan kategori sangat baik dan uji coba kelas besar diperoleh skor 65,72 dengan kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi media komik SPLTV memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dianggap sebagai salah satu alternatif digunakan dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:55 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:55 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64855 |
Actions (login required)
View Item |