Salsabila, Aqila Saniya (2024) Pengembangan LKPD berbasis model pembelajaran discovery learning dalam konteks literasi numerasi materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000006054_JUDUL__240626114842.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000006054_BAB_I__240626114842.pdf Download (235kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000006054_BAB_II__240626114842.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000006054_BAB_III__240626114842.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000006054_BAB_IV__240626114842.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000006054_BAB_V__240626114842.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000006054_DAFTAR_PUSTAKA__240626114842.pdf Download (163kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000006054_LAMPIRAN__240626114842.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan zaman menjadikan pendidik harus memiliki bahan ajar untuk diberikan kepada peserta didik. Hal tersebut bertujuan untuk peserta didik lebih mudah memahami materi dan aktif selama proses pembelajaran. Adanya keterbatasan bahan ajar yang digunakan saat proses pembelajaran membuat pembelajaran pasif. Bahan ajar yang diperlukan dapat menjadi penunjang peserta didik untuk dapat menemukan suatu hal yang baru. Adanya bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan zaman pastinya harus menyesuaikan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik agar menarik dan dapat mudah untuk memahami materi pembelajaran. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan penggunaan LKPD berbasis discovery learning dalam konteks literasi numerasi materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VII SMP.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Lembar penilaian dalam penelitian ini berupa angket ahli materi, angket ahli media, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis dalam penelitian ini diperoleh berdasarkan analisis dari penilaian validator dan analisis angket respon peserta didik. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C SMP Negeri 13 Yogyakarta yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kelas kecil berjumlah lima peserta didik dan kelas besar di kelas VII C SMP Negeri 13 Yogyakarta.
Hasil penelitian yang telah dilakukan memberikan hasil bahwa penilaian kevalidan LKPD menurut para ahli materi didapatkan persentase rata-rata sebesar 91.52 % yang termasuk dalam kriteria sangat valid sehingga valid untuk digunakan, penilaian dari para ahli media diperoleh persentase rata-rata sebesar 93.13% yang termasuk dalam kriteria sangat valid sehingga valid untuk digunakan. Penilaian kepraktisan LKPD dari kelas kecil mendapatkan persentase sebesar 81% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis, dan dari kelas besar mendapatkan persentase sebesar 87.95% yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Berdasarkan perolehan persentase tersebut, Bahan ajar LKPD berbasis discovery learning dalam konteks literasi numerasi materi bangun ruang sisi datar untuk peserta didik kelas VII SMP dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | LKPD, discovery learning, bangun ruang sisi datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Mathematics Education (S1-Pendidikan Matematika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 01:45 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 01:45 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64863 |
Actions (login required)
View Item |