Khair, Miftahul (2024) Peran masjid Abdurrahman Bin Auf Bantul sebagai pusat pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter umat. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1700031135_JUDUL__240626060847.pdf Download (3MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1700031135_BAB_I__240626060848.pdf Download (761kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1700031135_BAB_II__240626060848.pdf Restricted to Registered users only Download (776kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1700031135_BAB_III__240626060848.pdf Restricted to Registered users only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1700031135_BAB_IV__240626060848.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1700031135_BAB_V__240626060848.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1700031135_DAFTAR_PUSTAKA__240626060848.pdf Download (535kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1700031135_LAMPIRAN__240626060848.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Peran Masjid Abdurrahman bin Auf Bantul sebagai Pusat Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Umat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Masjid sebagai pusat pengembangan pendidikan Islam dalam membentuk karakter umat, untuk mengetahui bentuk-bentuk pengembangan pendidikan Islam dalam membentuk karakter, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses pengembangan pendidikan karakter umat Islam di Masjid Abdurrahman bin Auf Bantul Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi di Masjid Abdurrahman bin Auf Bantul Yogyakarta. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan traingulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, Peran Masjid Abdurrahman bin Auf Bantul Yogyakarta sebagai pusat pengembangan pendidikan Islam dalam membentuk karakter umat atau remaja, menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat solat fardhu dan shalat jumaat, melainkan juga berfungsi menambah pengetahuan keagamaan dan menjadi wadah dalam membentuk karakter dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Masjid tersebut. Kedua, Bentuk-bentuk program pengembangan karakter di Masjid Abdurrahman bin Auf Bantul Yogyakarta dalam mengembangkan karakter yaitu Kajian Berbahasa Jawa, Kajian Rutin Sabtu Malam Ahad, Kajian Rutin Muslima-Shamilah, Dauroh Ramadhan, Taman Pendidikan Al-Quran, Pembelajaran Bahasa Arab Durasul Lugoh Arobiyyah Jilid 1, Pembelajaran Bahasa Arab Durusul Lugoh Arobiyah Jilid 2, Tahsin Ikhawan, Tahsin Akhwat, Bakti Sosial, Tebar Buka Puasa Ramadhan, Penerimaan dan Penyaluran Zakat, Dakwah Media Sosial, Pembagian Bingkisan Lebaran, dan Penyaluran Hewan Qurban. Ketiga, Faktor pendukung dalam mengembangkan karakter di Masjid Abdurrahman bin Auf adalah kepemimpinan yang kuat dan visioner, kegiatan masjid yang beragam dan menarik, ustadz dan Imam yang berkompeten, Fasilitas Masjid yang memadai, partisipasi aktif umat, kerjasama dengan lembaga lain, media sosial, pembinaan remaja masjid, peduli lingkungan, dan menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pergaulan bebas remaja.
Kata Kunci: Peran Masjid Abdurrahman bin Auf, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Karakter
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Peran Masjid Abdurrahman bin Auf, pendidikan agama Islam, pendidikan karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 01:19 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 01:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64864 |
Actions (login required)
View Item |