A'inayah, Ainun (2024) Pengaruh kompetensi pedadogik dan profesional guru terhadap pengintegrasian teknologi digital di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_2000005293_JUDUL__240625055328.pdf Download (728kB) |
|
Text (BAB I)
T1_2000005293_BAB_I__240625055328.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB II)
T1_2000005293_BAB_II__240625055328.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_2000005293_BAB_III__240625055328.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_2000005293_BAB_IV__240625055328.pdf Restricted to Registered users only Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_2000005293_BAB_V__240625055328.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000005293_DAFTAR_PUSTAKA__240625055328.pdf Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_2000005293_LAMPIRAN__240625055328.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perkembangan zaman yang meghendaki guru untuk terus mengembangkan kompetensinya. Kemajuan teknologi di era society 5.0 menuntut seorang guru untuk mampu mengintegrasikan teknologi digital kedalam pembelajaran. Sebagai upaya untuk menunjukkan kebaruan antara penelitian ini dengan penelitian yang sudah dilakukan sebelum-sebelumnya, dalam penelitian ini lebih merinci dengan meneliti dua kompetensi guru dari empat kompetensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap pengintegrasian teknologi digital dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap pengintegrasian teknologi digital kedalam pembelajaran
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Data penelitian ini diperoleh dari observasi dan penyebaran angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 39 guru yang berada di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2024. Objek dari penelitian ini adalah kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru terhadap pengintegrasian teknologi digital kedalam pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan menggunakan uji normalitas dan hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama guru di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta mampu untuk mengintegrasikan teknologi digital kedalam pembelajaran. Hal ini dilihat dari data yang didapatkan melaui angket mengenai teknologi digital. Kedua, ada pengaruh positif antara kompetensi pedagogik dan profesional guru terhadap pengintegrasian teknologi digital di SD Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Terbukti dengan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai kolerasi product moment antara (X1) dan (Y)sebesar 0,655 dan korelasi product moment antara (X2) dan (Y) sebesar 0,747 dibandingkan dengan rtabel nilai signifikansi > 0,05. Jadi rhitung lebih besar dari pada rtabel, maka dapat diartikan bahwa hipoteis nol (Ho) ditolak sedangkan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, teknologi digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 28 Jun 2024 08:05 |
Last Modified: | 28 Jun 2024 08:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/64892 |
Actions (login required)
View Item |